Menjadi sukses: tetapkan sasaran

Setelah meyakinkan diri sendiri, sekarang saatnya Anda membuat sasaran. Sasaran ini bisa jangka pendek (misalnya satu tahun atau satu bulan) atau jangka panjang (misalnya 5 atau 10 tahun).

Apa yang harus menjadi sasaran Anda? Jika memungkinkan, tetapkan sasaran untuk kelima sukses di atas. Jika sebaliknya, ambil satu saja sebagai prioritas, misalnya sukses finansial.

Seeing

Agar sasaran itu bukan sekadar khayalan, Anda mesti menetapkannya dengan mengikuti kriteria SMART yaitu spesific (spesifik), measurable (dapat diukur), achievable (dapat dicapai), relevant (relevan), dan time-bound (ada tenggat waktunya).

Jangan khawatir jika Anda belum paham dengan prinsip SMART ini. Contoh di bawah ini bisa membantu Anda memahaminya.

Katakanlah Anda seorang blogger senior yang menguasai SEO. Anda ingin menulis buku tentang SEO. Maka, Anda membuat dua sasaran berikut:

Sasaran 1: Menulis sebuah buku
Sasaran 2: Menulis draft pertama buku tentang SEO sepanjang 10.000 kata dari 30 Mei – 8 Juni 2016.
Dari dua sasaran tersebut, mana yang memenuhi kriteria SMART? Tentu saja sasaran yang kedua. Alasannya adalah:

Specific: Menulis draf pertama buku tentang SEO
Measurable: 10.000 kata
Achievable: ya, dengan cara menulis 1.000 kata sehari
Relevant: Relevan dengan profesi blogger
Time-bound: 30 Mei – 8 Juni 2016

Apa pendapat anda?

Sumber:

Ketika Anda menuliskan rencana liburan tentu penuh semangat dan antusias tinggi dibandingkan ketika menuliskan rencana hidup tahun depan dan lima tahun berikutnya. Target Hidup jauh lebih penting daripada Target Kesenangan. Tidak ada salahnya Anda memikirkan apa yang ingin diraih dalam hidup ini, baik dalam Kehidupan Keluarga atau Karir Profesional. Pengalaman Hidup Anda akan menunjukkan arah terbaik dalam hidup.

Buat Tujuan yang jelas untuk Jangka Pendek maupun Jangka Panjang dengan menetapkan Dateline atau Batas Waktu Pencapaiannya. Tuangkan cara Anda melakukannya serta tahapan-tahapan yang akan dilakukan hari demi hari dan waktu demi waktu. Target Hidup ibarat sebuah Proyek dalam Karir Profesional Anda yang memiliki Rundown langkah Pelaksanaan.