Mengontrol Ego dan Menikmati Hidup

ego

1. Belajar memaafkan dan lepaskan
Alat yang paling ampuh untuk belajar melepaskan ego kita untuk membuat hidup lebih mudah adalah dengan belajar memaafkan. Kita harus belajar memaafkan orang-orang yang menyakiti kita dan yang terpenting kita harus belajar memaafkan diri sendiri.

2. Berlatihlah jujur ​​dan bersikap terbuka.
Kejujuran memberi kita kebebasan tanpa syarat untuk terhubung dengan diri sendiri alih-alih mencoba menjadi sesuatu yang bukan kita.

3. Serahkan kebutuhan Anda untuk kontrol
Begitu Anda membiarkan ego mengendalikan hidup Anda, Anda tidak akan pernah bahagia atau rileks karena begitu Anda kehilangan satu dari hal-hal yang Anda identifikasi, sisanya akan jatuh seperti domino dan Anda akan kehilangan kebahagiaan Anda.

4. Nikmati saat-saat sunyi dengan diri sendiri.
Luangkan waktu 5 menit setiap hari untuk bersama diri sendiri dalam keheningan, karena terkadang dalam keheningan Anda bisa menemukan jawaban yang bahwa suara tidak pernah bisa menjawabnya.

5. Berlatih syukur.
Terimalah rasa syukur. Lakukan 5 menit setiap hari untuk memikirkan semua orang, pengalaman, pelajaran dan kesalahan yang Anda syukuri.

source :
https://www.huffingtonpost.com/fani-stipkovic/how-to-drop-your-ego-with_b_9263250.html

Saya akan mencoba untuk menyinggung poin pertama, yaitu belajar memaafkan. Terkadang ketika seseorang bebuat kesalahan atau kejahatan kepada kita, sulit kita untuk memaafkannya. Tetapi ketika kita bisa memaafkannya, maka kita adalah orang yang memiliki hati yang lapang sertia besar. Memang seharusnya kita memaafkan orang tersebut dan melupakan kejahatannya.