Menghabiskan Uang Untuk Hobi, Salah atau Tidak?

image

Hobi adalah kegiatan kasual yang biasanya dilakukan atas dasar ketertarikan yang sangat kuat dari dalam diri. Hobi juga merupakan kegiatan yang secara umum, membuat kita banyak menginvestasikan sesuatu kedalamnya, baik itu materi maupun waktu dengan sangat senang hati. Kegiatan yang berkaitan dengan hobi biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu yang luang. Terkadang, seseorang rela mengeluarkan uang mereka demi hobi mereka. dan terkadang hobi mereka bisa dikatakan merupakan hobi yang cukup mahal.
Menurut Youdics, salahkah jika seseorang mengeluarkan dan menghabiskan uang mereka demi hobi dan kebahagiaannya?

Menurut saya Hobi sendiri juga dapat dikatakan sebagai suatu bentuk investasi, baik secara fisik (semisal hobi koleksi benda mahal atau langka) maupun batin (menyenangkan diri yang dapat memperbaiki mental, atau jika Hobi olahraga, menambah kesehatan; memperpanjang usia).

Kita mencari uang untuk memenuhi kebutuhan kita dan hobi merupakan kebutuhan batin. Lagipula kalau uangnya di simpan lama-lama di bank nilai uangnya akan turun lama-lama karena inflasi.

Jika hobi bisa membuat bahagia kenapa harus berpikir dua kali untuk menghabiskan uang untuk hal yang membuat kita bahagia?

Simplenya, uang ada untuk kita pakai kok. Kenapa salah?

Menurut saya tidak salah jika hobi yang dikerjakan dapat memberikan efek positif bagi penggemarnya. Selain itu tidak semua hobi dapat merugikan, misalnya saja memiliki hobi mengkoleksi pc (poto card) boy band korea, untuk orang yang tidak mengerti itu seperti menghambur-hamburkan uang. tetapi teman-teman saya yang memiliki hobi tersebut itu malah membuat mereka bisa menghasilkan uang jajan tambahan. sebab itu bisa dijual lagi, mereka seolah berinvestasi pada hobi ini.

lalu untuk hobi melukis, untuk orang yang tidak memiliki hasrat pada dunia seni terlihat untuk apa sih kegiatan tersebut. menghabiskan uang dan terlebih harga perlengkapannya tidaklah murah. tetapi bagi yang menjalankannya itu bisa dijadikan bisnis dengan membuatkan gambar untuk orang lain sebagai kado atau hadiah.

Saya setuju dengan pendapat yang diutarakan oleh @dindapitaloka19 . Selain kebahagiaan, hobi dapat memberikan keuntungan seperti hobi akan otomotif, mengoleksi ikan hias maupun action figure dari suatu karakter yang dapat kita jual kembali. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menghabiskan uang untuk hobi adalah bagaimana cara kita dalam mengelola keuangan kita agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup dan juga hobi.

Menurut pendapat saya pribadi sendiri tidak ada salahnya menggunakan uang hasil kerja untuk hobi
Hobby itu tidak ada batasan harganya, karena memang hobby tidak memandang harga, hanyalah kualitas. Hidup akan terlalu datar dan hampa untuk dinikmati jika tidak memiliki hobby. Menghabiskan uang untuk sesuatu yang kita suka akan menyejukkan mood dan merefresh mental kita, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Keluarga saya hobby sekali dengan yang namanya burung, koleksi burungnya tidak hanya satu tapi ada hampir belasan burung yang disangkar satu-satu. Sangkarnya sendiri ada belasan, yang banyak juga tidak terpakai dan dikoleksi saja.

Setiap pagi burung-burung peliharaan keluarga saya ini selalu berkicau memandang langit dan menyejukkan hawa dipagi hari. Hobby seperti inilah yang memang saya kira hobby berkualitas, yang tidak memandang harga, dan yang paling penting ada sisi positifnya.

Menurut saya, selama hobi tersebut memiliki dampak positif dan tidak merugikan orang lain, maka tidak ada salahnya selama kita mampu memanage keuangan. Jangan sampai kita terlalu fokus untuk memanjakan kebutuhan tersier, tetapi kebutuhan primer kita tidak terpenuhi. Hobi adalah aktivitas yang dilakukan untuk membahagiakan diri sendiri, jadi jika hal yang membahagiakan diri masih “diatur”, maka bagaimana kita akan menemukan kebahagiaan kita? Namun, tentu saja dalam hal yang wajar dan kita harus tahu diri dengan kondisi keuangan kita, karena segala sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik.

Menurut saya tidak salah asalkan itu untuk hobi yang positif akan tetapi juga harus ada batasannya. Ketika hobi positif dan banyak manfaat yang ditimbullkan maka boleh saja misalnya hobi menanam tanaman sayur buah iyu banyak manfaat yang didapatkan dan membelinya harus dengan uang yang halal dan benar. Ketika menghabiskan uang untuk hobi sampai dengan mencuri dan mengambil hak orang lain itu hal yang salah.

menurutku tidak ada yang salah dengan menghabiskan uang dalam menekuni hobi. beberapa hobi bahkan dapat memberikan dampak positif tambahan, yang tidak hanya sebagai sarana mengisi waktu luang dan melepas penat, melainkan juga sebagai investasi. ketika kita telah lelah bekerja, hobi memang sangat membantu sebagai sarana melepas penat dan juga untuk mengembalikan energi kita. namun menurutku juga, hobi dapat memberikan dampak buruk apabila dalam menjalankan hobi kita tersebut, kita telah lalai dalam hal hal lain yang seharusnya kita kerjakan, atau bahkan menghabiskan tabungan yang seharusnya tidak boleh dipakai

menurutku salah jika menghabiskan uang hanya untuk kesenangan belaka. kita juga perlu menempatkan uang untuk hal-hal yang tidak terduga misalnya jatuh sakit yang membutuhkan biaya besar ataupun kemalangan lainnya. karena kita mencari uang ataupun memiliki pekerjaan bukan hanya untuk memenuhi hobby tapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keinginan lainnya.

aku lebih memilih menggunakan prinsip “jangan berlebihan terhadap sesuatu” membelanjakan uang untuk hoby ga salah asalkan tidak berlebihan sehingga tidak bisa menutupi kebutuhan lainnya. uang untuk hobi mungkin bisa dialokasikan ke hal yang lebih bermanfaat. ada beberapa hobi yang tidak memberikan dampak secara langsung seperti mini figure, jika uang hanya dihabiskan untuk itu rasanya sayang saja. aku tidak bermaksud untuk melarang, ada juga yang bilang mini figure tu bisa menjadi investasi, tapi jangan dihabiskan uang hanya untuk itu.

Selama hobi yang dipilih dan dijalankan adalah hobi yang bermanfaat tentu saja tidak masalah. Artinya, uang yang kita keluarkan untuk “modal” hobi yang kita pilih akan kembali kepada kia dan memberikan manfaat. Contohnya, kita hobi bermain bulu tangkis, tentunya kita memerlukan peralatan seperti shuttlecock, raket, senar, sepatu dan setelan baju dan celana. Untuk mendapatkan semua itu kita harus membelinya dan membelinya menggunakan uang. Nah, uang yang keluarkan untuk membeli peralatan tadi, akan kembali kepada kita dengan cara membuat tubuh kita fit karena rajin berolah raga bulu tangkis. Jadi, selama hobinya positif dan dapat memberi feedback positif kepada tubuh, tidak masalah menghabiskan uang berapapun.

menurut ku menghabiskan uang untuk sebuah hobi itu bukan suatu hal yang salah, tapi mungkin akan menjadi salah jika uang dihabiskan untuk hobi yang tidak memiliki manfaat. akan lebih baik jika seseorang menghabiskan uang nya untuk hobi yang bermanfaat jangka panjang atau pendek bagi dirinya atau mungkin bagi orang disekitarnya dan jangan menghabiskan uang untuk hobi yang hanya menjadi kesenangan semata.

Menurutku sih tidak salah. Pemikiran setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang lebih suka menyimpan uangnya dengan cara menabung, ada juga yang bersifat konsumtif dan tidak bisa menahan diri untuk membeli sesuatu yang ia inginkan. Ditambah lagi setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing. Ada yang suka main games , suka traveling , dan bahkan ada juga yang suka mengoleksi barang-barang tertentu, seperti para K-Popers yang rela mengeluarkan uang untuk album, merchandise, dsb.

Jika kita mempunyai uang yang lebih dan cukup untuk hobi kita, kenapa tidak? Apalagi jika tujuannya baik dan bermanfaat juga. Tapi menurutku, sesuatu yang berlebihan itu juga tidak bagus, semisal kita terlalu asyik membeli apa yang berkaitan dengan hobi kita sampai melupakan kebutuhan pokok kita yang lain juga. Jadi, alangkah baiknya jika membeli sesuatu secukupnya saja.

Menurut pendapat saya, tidak ada yang salah dari mengeluarkan uang untuk melakukan hobinya, selama hal tersebut dirasa positif dan tidak merugikan orang lain. Disamping itu, kita juga harus pintar-pintar mengimbangi hobi dengan kebutuhan pokok, jangan sampai melakukan hobi secara berlebihan hingga membuat kebutuhan pokok kita tidak terpenuhi. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka itulah hobi yang menurut saya salah.

Menurut saya, tidak ada yang salah jika menghabiskan uang demi hobi dan kebahagiaan diri sendiri. Karena, kebahagiaan diri sendiri adalah prioritas utama. Hidup terlalu singkat jika tidak memikirkan kebahagiaan diri sendiri dan memilih untuk mendengarkan perkataan orang lain, jika memang suka dan tidak memaksakan kondisi yang ada, silahkan saja.

Jika uangnya ada dan kita memang mau, why not?

Menghabiskan uang untuk hobi dan kesenangan ya? Saya pribadi merasa bahwa hal tersebut tidak salah. Lalu apakah kita boleh menghabiskan uang untuk hobi dan kesenangan? Tentu saja boleh. Uang tersebut adalah hak milik Anda yang tentunya bebas untuk digunakan sebagaimana keinginan Anda. Kalau saya pribadi, gunakanlah seperlunya saja dan tidak sampai menghabiskan uang. Saya pernah mencatat lima hobi yang sekiranya perlu untuk kita miliki:

  1. One to make you money
  2. One to keep you in shape
  3. One to keep you creative
  4. One to build knowledge
  5. One to evolve mindset

Setiap hobi memiliki manfaatnya masing-masing, syukur apabila satu hobi bisa menghasilkan lebih dari satu manfaat dalam waktu bersamaan. Dengan begitu, kita bisa menginvestasikan waktu dan uang untuk hobi tersebut. Kita merasa senang, mood menjadi lebih baik, kreatifitas meningkat, performa kerja pun ikut naik, dan muncullah uang. Hobi memang mahal, kalau bisa sekalian berinvestasi kenapa tidak?