Menggunakan lensa kontak atau kacamata; mana yang lebih aman?

image

Gaya hidup, kenyamanan, kemudahan, anggaran biaya, dan estetika semuanya harus dimasukkan ke dalam faktor proses pengambilan keputusan. Keputusan memilih kacamata atau lensa kontak untuk memperbaiki penglihatan itu juga termaksud kedalam sebuah pilihan. Sebelum menentukan mau pakai yang mana, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam hal menajamkan penglihatan, kemudahan penggunaan, dan kesehatan mata.

Jadi, menurut kalian mana yang lebih aman untuk digunakan lensa kontak atau kacamata? Yuk berdiskusi!

Summary

hallosehat//kacamata-lensa-kontak-mana-lebih-baik

Menurut saya, yang lebih banyak beraktivitas didalam ruangan yang selalu berhadapan dengan laptop. Saya merekomendasikan untuk memakai kacamata. Karena dengan memakai kacamata yang pemakaian nya juga tidak ribet dan lebih nyaman ketika main laptop, maupun gadget. Dengan pemakaian kacamata juga (kacamata radiasi) menjadikan kita lebih terjaga kesehatan mata dari sinar/cahaya laptop dan gadget yang merusak mata kita.

Sebenarnya, aku adalah orang yang fleksibel dan menggunakan 2 item tersebut tergantung moodku pada saat itu. Contohnya, jika ada suatu acara atau pergi jalan bersama teman, aku selalu menggunakan lensa kontak yang minus karena aku kurang PD jika mengenakan kacamata dan aku merasa kurang cocok dengan penampilanku ketika sedang hangout bersama teman ataupun keluarga. Sedangkan jika dirumah atau kegiatan yang biasa saja, aku menggunakan kacamata karena tidak ribet untuk pasang-lepas softlens lagi. Tapi, jika pertanyaannya adalah mana yang lebih aman antara lensa kontak atau kacamata, jawabanku adalah kacamata. Karena menurutku kacamata sangat aman digunakan kapanpun dan dimanapun, berbeda jika menggunakan softlens tentunya banyak hal-hal yang harus diperhatikan dengan hati-hati. Seperti tidak boleh menggunakan softlens ketika tidur, rajin membersihkan softlens ataupun tempat softlens setiap hari nya, mengganti air softlens, dll.

aku pernah menggunakan lensa kontak dan lebih aktif menggunakan kacamata. selama menggunakan lensa kontak menurutku sedikit ribet dan bahaya. temenku pernah lensa konaknya terselip diatas bola mata dan sulit diluarkan. aku juga pernah setelah menggunakannya mataku jadi terlihat merah. setelah itu aku tidak berani menggunakan lensa kontak. karena terlalu ribet untuk aku yang pemalas ini.

Saya sendiri lebih prefer untuk menggunakan kacamata dibandingkan lensa kontak. banyak masalah yang sering didapatkan ketika menggunakan lensa konta dan menurut saya itu sangat menyeramkan, jadi lebih baik menggunakan kacamata lebih aman dan nyaman.

saya bukan orang yang menggunakan kacamata, namun menurut saya lebih aman menggunakan kacamata daripada lensa kontak. selain itu, sepertinya lensa kontak lebih terlihat rumit dalam menggunakannya ketimbang kacamata

Saya sendiri memakai kacamata, namun belum pernah menggunakan lensa kontak. Sampai sekarang pun saya belum berani dan belum menemukan alasan untuk beralih dari kacamata ke lensa kontak. Pertama, saya tidak rajin dan telaten dalam merawat lensa kontak agar tetap bersih, menetesi mata dengan obat tetes mata setiap beberapa waktu sekali. Kedua, saya pelupa. Menggunakan kacamata saja, kadang saya lupa tempat terakhir kali meletakkan kacamata, apalagi jika harus menggunakan lensa kontak yang tidak terasa. Saya takut lupa melepas lensa kontak. Ketiga, saya cukup sadar diri kalau saya orang yang kurang sabar sehingga saya tidak mau membahayakan diri sendiri saat melepas pasang lensa kontak. Untuk sekarang, saya merasa kacamata lebih aman karena tidak langsung menempel di kornea mata seperti lensa kontak.

Aku pribadi merupakan pengguna kacamata, dan sampai sekarang pun aku belum pernah mencoba menggunakan contant lense, karena ngeri juga si apalagi mataku sensitif. Ditambah melihat banyak orang yang terkena efek samping karena memakai contact lense tsb, dan juga aku merupakan orang yang cukup teledor, sementara memakai contact lense harus penuh kehati-hatian.

saya pribadi lebih memilih kacamata, selain karena takut menggunakan lensa kontak, saya pernah melihat berita ada yang hampir mengalami kebutaan karena lensa kontaknya jarang dilepas, termasuk ketika tidur. kalau pakai kacamata kan gampang dilepas dan dipakai lagi.

saya sendiri terkadang memakai kacamata, namun belum pernah menggunakan lensa kontak karena masih ada perasaan takut saat menggunakan lensa kontak, dari cara memasang dan melepaskannya dan dari internet mereka menceritakan jika lensa kontaknya telselip di bola mata. selain karena takut degan salah satu alasan tersebut saya orangnya kurang telaten untuk merawat lensa kontak yang menurut saya memerlukan perhatian lebih khusus dari kacamata,