Mengenalkan Metalurgi Pada Masyarakat Melalui Kegiatan Sehari-hari

Metalurgi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat kimia dari logam dan cara memanfaatkan logam untuk kegunaan sehari-hari. Kata ‘Metalurgi’ sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani ‘Metallougos’, merupakan istilah yang digunakan oleh ahli kimia untuk mendeskripsikan ekstraksi logam dari mineral. Perlu halnya untuk mengedukasi masyarakat awam mengenai metalurgi karena banyaknya kegunaan dari ilmu ini.

Mengembangkan sayap ilmu metalurgi dalam wawasan masyarakat umum dapat bermula dari kegiatan sehari-hari. Seperti yang kita tahu bahwa cakupan bidang ilmu metalurgi yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pada program studi ini sangat luas. Mulai dari badan dan mesin mobil, badan pesawat, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti titanium dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor, dan lain-lain. Bahkan plastik kemasan yanng biasa digunakan sehari-hari juga buah hasil ilmu metalurgi.

Sayang sekali masyarakat bahkan tidak mengetahui mengenai metalurgi padahal sangat dekat pengaplikasiannya dengan lingkungan sekitar. Banyak sekali hal-hal kecil hingga besar yang kita gunakan dan berhubungan dengan metalurgi. Seperti salah satu artikel dari dictio.id mengenai korosi logam, dengan melakukan teknik pencegahan sederhana korosi logam dapat dihindari. Ini adalah salah satu langkah aktif untuk mengenalkan pentingnya belajar mengenai metalurgi pada masyarakat. Dari langkah awal tersebut dapat dikembangkan hal-hal aplikatif lainnya.

2 Likes

Perkembangan ilmu metalurgi tidak lepas dari
perkembangan penelitian bentuk atau struktur kristal
logam, distribusi unsur-unsur pemadu clan karakteristik mikro struktur lainnya.

Dengan bantuan alat EPMA yang merupakan
kombinasi dua sistem alat yang terdiri dari Scanning
Electron Microscopy danX-Ray Flourescence, kesulitan
yang ditemui pada penelitian clan pengembangan material barn dapat diatasi dengan mudah.

Demikianjuga dengan bantuan alat EPMA kita dapat dengan mudah melakukan analisa kualitatif clan
semi kuantitatif terhadap benda uji yang sangat kecil
sekalipun. Besar benda uji yang teramati dengan alat
EPMA, minimal sebesar 1 mm. Penelitian dengan alat ini, dapat dilakukan dengan cepat, akurat clan tidak merusak. Pada akhimya dengan alat tersebut sangat membantu untuk mendapatkan terobosan-terobosan dalam pengembangan teknologi ilmu metalurgi.

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Betul sekali tentang bahasan tersebut yang kamu sampaikan. Aku juga membahas mengenai kedudukan metalurgi di Indonesia berdasarkan hukumnya untuk semakin memperkuat kedudukan metalurgi di masyarakat, baca selengkapnya di artikelku yang berjudul “Metalurgi dan hukum di Indonesia”.
Sekian dari saya, terimakasih.

berdasarkan pemaparan diatas, kegiatan seperti apa yang di maksud? cohtoh kegiatan seperti apa yang harus dilakukan untuk mengenalkan pada masyarakat?

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Kegiatan yang dilakukan berbagai macam, bisa dari sosialisasi secara langsung, melalui sosial media, maupun langsung dikomunikasikan terhadap orang sekitar terdekat. Hanya saja substansinya dapat mengenai hal2 tsb diatas yang disampaikan diartikel yaitu mengenai teknik sederhana menghindari korosi logam, dsb. Yang berarti merupakan hal2 implementatif bukan teoritis.
Sekian dari saya, terimakasih.

Lalu menurut kakak, bagaimana cara efektif untuk mengedukasi masyarakat awam di Indonesia mengenai pentingnya Metalurgi di kehidupan sehari-hari?

Hai! Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Kegiatan yang dilakukan berbagai macam, bisa dari sosialisasi secara langsung, melalui sosial media, maupun langsung dikomunikasikan terhadap orang sekitar terdekat. Hanya saja substansinya dapat mengenai hal2 tsb diatas yang disampaikan diartikel yaitu mengenai teknik sederhana menghindari logam, dsb. Yang berarti merupakan hal2 implementatif bukan teoritis. Termasuk juga dengan mengenalkan melalui dictio.id
Sekian dari saya, terimakasih.