Mengenal sosok Wiwiek Widiyastuti

image

Wiwiek Widiyastuti adalah seniman serta koreografer Indonesia kelahiran di Yogyakarta. Dimana Wiwiek juga telah menerima beberapa penghargaan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu beliau pernah menjadi anggota Komite Seni Tari Dewan Kesenian Jakarta.

Selain sebagai penari, ia juga di kenal sebagai koreografer. Karya tari ciptaannya, Tapak Topeng (1978) berhasil meraih juara pertama. Tahun berikutnya, (1979), ia kembali menjadi juara pertama melalui tari Ronggeng Blantek. Sejak saat itu namanya selalu diidentikan dengan tari-tarian lepas khas Betawi.

Nama Wiwiek tercatat beberapa kali mengikutsertakan tarian ciptaannya ke berbagai festival tari di luar negeri antara lain Italia, Jerman, dan Austria. Agar tari ciptaannya bisa dinikmati penonton mancanegara, tak segan-segan dia berkeliling kota Jakarta mencari sponsor. Berapa banyak tarian yang telah diciptakannya, ia tak bisa mengingatnya lagi. Namun sebagian tari Betawi yang dimodifikasinya, kini seringkali ditampilkan di sejumlah perhelatan antara lain Ronggeng Blantek, Ngarojeng, Topeng Gong, Lambang Sari, dan Cokek. Kegiatan lainnya adalah menangani tari-tarian massal untuk acara seperti Pembukaan PON dan Pekan Raya Jakarta.