Mengenal Polipropilena (PP)

Polipropilena (PP) adalah polimer yang terbentuk dari struktur satuan (monomer) propilena, dan digolongkan dalam polimer termoplastik atau disebut plastik saja. Plastik merupakan bahan yang mudah diubah bentuk dengan perlakuan panas. Sifat dari plastik adalah massa jenis atau densitasnya rendah, tembus cahaya, tidak korosif, dapat didaur ulang, harganya relatif murah, kurang dapat menghantarkan listrik dan penghantar panasnya kurang baik.

image
Gambar 1 Polipropilena

Polipropilena mempunyai titik leleh yang cukup tinggi (190 – 200)C, sedangkan titik kristalisasinya antara (130 – 135)C. Polipropilena mempunyai ketahanan terhadap bahan kimia ( Chemical Resistance) yang tinggi terhadap pelarut kimia, basa dan asam, tetapi ketahanan pukul (impact strength) nya rendah. Propilena mempunyai specific gravity rendah dibandingkan dengan jenis plastik lain. Sebagai perbandingan terlihat pada Tabel 1

image

Hal ini membolehkan polipropilena digunakan sebagai pengganti berbagai plastik teknik, seperti ABS. Secara umum pembuatan polipropilena di bagi menjadi tiga jenis yaitu Polipropilinen homopolymer, Polipropilena random copolymer dan, Polipropilena impact copolymer.

Referensi:
Aloma,et al. 2002. Sintesis dan Karakterisasi Komposit Polipropilena/Serbuk Kayu Gergaji. Jurnal Sains Materi Indonesia: Vol. 4 No.1.
labtech-indonesia.com
cnsantongplastic.com