Mengenal Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

images (16)

Secara umum, perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya dimana buku disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual Sulistyo-Basuki (1993: 3). Sekarang ini, banyak perpustakaan yang didesain semenarik mungkin agar pembaca merasa nyaman dan betah berlama-lama untuk membaca di perpustakaan ditambah dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Nah, salah satu perustakaan yang disebut sebagai perpustakaan terbaik di Indonesia yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau sering disebut Perpusnas merupakan Perpustakaan yang berada di pusat kota Jakarta. Perpustakaan ini memiliki gedung setinggi 126,3 meter dan total 24 lantai, termasuk tiga lantai parkir bawah tanah, atau basement. Perpusnas tidak hanya menyediakan layanan ruang baca saja, tetapi lebih dari itu, meliputi: ruang auditorium, ruang pameran, kantin, mushola, data center, layanan anak, lansia dan disabilitas, ruang koleksi monograf, layanan koleksi buku langka, koleksi mancanegara dan masih banyak lagi. Perpustakaan ini juga diklaim sebagai perpustakaan tertinggi di Dunia. Wah, bangga sekali ya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perpusnas bisa mengunjungi situs resminya di perpusnas.go.id. Perpusnas juga menyediakan perpustakaan online dimana pembaca dapat meminjam koleksi secara online dalam bentuk e-book melalui aplikasi iPusnas yang dapat diunduh secara gratis di playstore dan layanan tulisan ilmiah melalui situs e-resources perpusnas.

Bagi kalian warga Jabodetabek atau yang sedang berkunjung ke Jakarta, rasanya kurang afdol sekali jika belum pernah menikmati keindahan dan fasilitas hang ada perpusnas. So, bagaimana pendapat kalian mengenai perpustakaan ini?

Referensi
https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/10-perpustakaan-terbaik-di-indonesia/amp/