Mengenal jenis-jenis komedo

image

Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung, dan lengan. Sangat menganggu bukan komedo ini? Hmm. Butuhkan yang namanya pengenalan jenis komedo agar saya tau tindakan tepat untuk mengatasinya.

  1. Blackhead / Komedo Hitam
    Blackhead adalah salah satu jenis komedo di hidung dan wajah yang sifatnya terbuka. Blackhead ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Biasanya komedo ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, yang berwarna hitam tersebut adalah penyumbat pori yang sudah mengalami perubahan warna karena teroksidasi dengan udara.
    Seseorang mengalami masalah pada wajah seperti komedo biasanya pada saat remaja namun pada dasarnya komedo dapat menyerang manusia di berbagai usia. Banyak mitos yang mengatakan bahwa blackhead ini bersifat menular, tentu hal ini tidak benar karena blackhead disebabkan oleh bakteri dan tentunya bisa disembuhkan.

  2. Whitehead / Komedo Putih
    Komedo yang sifatnya tertutup atau biasa disebut dengan Whitehead adalah sebuah kondisi media yang ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang benar-benar terhalangi oleh sebum dan debris keratin. Whitehead ini sendiri biasanya memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti sekumpulan tonjolan-tonjolan dalam ukuran kecil yang ada di bawah kulit.
    Warna komedo ini tetap berwarna putih karena tidak terpapar oleh oksigen yang ada di udara sehingga sebum dan debris tidak teroksidasi dan tetap mempunyai warna yang alami yaitu putih.

sumber:
https://wajahjerawat.com/jenis-komedo-di-hidung-dan-wajah-serta-cara-penyembuhan