Mengenal Gaya Kepemimpinan Elon Musk, CEO Tesla Motors

image
Elon Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Kota Pretoria, Afrika Selatan. Beliau adalah seorang insinyur yang memiliki darah keturunan campuran Kanada dan Afrika Selatan. Darah Kanadanya didapat dari sang Ibu bernama Maye dan darah Afrika Selatan didapatnya dari sang ayah bernama Errol Musk. Tidak hanya seorang insinyur saja, beliau juga dikenal sebagai pengusaha terkenal sekaligus pendiri Paypal, SpaceX dan Tesla Motors. Saat ini pun Ia merupakan Ketua Solarcity. Elon dikenal karena menciptakan mobil listrik pertama (Tesla Roadster) dan menciptakan sistem pembayaran PayPal yang sudah digunakan oleh semua negara.

Jauh sebelum Elon terkenal seperti sekarang ini, ternyata ia pernah memiliki pengalaman buruk saat kecil. Ketika ia tinggal di Afrika Selatan, Elon mendapat perlakuan kasar oleh sekelompok teman laki-lakinya. Elon dilempar ke tangga dan ia dipukuli hingga pingsan. Perlakuan kasar tersebut membuat ia masuk rumah sakit. Dari pengalaman buruk itulah Elon pindah ke Amerika Serikat untuk mengejar impiannya. Memang benar bahwa orang Afrika Selatan ini adalah seorang pengusaha sukses saat ini karena sifat dan kinerja kerjanya yang tidak perlu diragukan lagi.


Berikut adalah beberapa sifat dan etika kerja Elon Musk yang dapat kita contoh :

1. Selalu Belajar
Fakta yang luar biasa tentang Elon yaitu ia selalu belajar sendiri tentang programming, fisika dan ilmu mengenai roket. Sejak kecil, ia selalu membaca banyak ensiklopedia. Nampaknya ia berubah menjadi kutubuku sejak ia dibully disekolah dan ia pun tetap membaca dengan semangat untuk mendapatkan ilmu serta memahami konsep. Jelas sekali bahwa buku yang ia pelajari menjadi dampak dikehidupan sekarang untuk membangun kehidupan yang memiliki efek positif didunia.

2. Gila Kerja
Elon Musk adalah seorang yang ambisius dalam bekerja atau dapat dikatakan gila kerja, ia dapat bekerja 100 jam dalam seminggu dan telah melakukan nya selama bertahun-tahun. Kita mungkin akan berpikir bahwa ia tidak memiliki kehidupan sosial. Bahkan Elon sendirilah yang menetapkan standar kerja untuk diikuti rekan-rekannya. Kemungkinan Elon tidak memiliki rasa lelah karena ia melakukan apa yang ia cintai.

3. Berfokus Pada Hal-Hal Besar
Elon telah mengambil tantangan yang telah menjadi tantangan terberat masalah manusia setelah beberapa dekade. 3 hal yang Elon ingin lakukan perubahan yaitu internet, energi dan luar angkasa. Ia tidak ragu mengambil sesuatu yang sangat berisiko di setiap bidang tanpa ada keuntungan. Banyak pengusaha lainnya ingin mengikuti jalan Elon untuk memperbaiki permasalahan dunia agar mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik.

4. Pengorbanan yang Tiada Batas
Dengan semua yang sudah ia lakukan, Elon memiliki skill dibidang game. Ia telah menginvestasikan tabungannya dengan menaruh kepercayaan ke perusahaan dengan risiko bangkrut. Elon juga tidak takut untuk mengambil pilihan yang susah dan tidak berkompromi dengan visinya. Pelajaran yang kita dapatkan dari Elon Msuk yaitu kita harus melakukan sebuah pengorbanan ketika kita menyukai apa yang kita lakukan.

5. Mengintropeksi Diri dengan Cara Meminta Feedback
Elon meminta umpan balik dan menganalisis diri sendiri. Ia terus berpikir apa yang sudah ia selesaikan dan bagaimana iamampu melakukannya dengan lebih baik. Sebagai contoh, dia mencari tahu siapa yang mengkritiknya dan mencoba berkomunikasi dengan si pengkritik. Kebiasaan refleksi diri sendiri secara berkala sangat penting untuk kesuksesan.

6. Bekerja Tim dengan Pikiran Jernih dan Positif
Elon tahu persis apa yang dia inginkan dan dapat memimpin tim nya dengan super intensif. Hal yang selalu ia terapkan dalam bekerja yakni ketika ia mengerahkan semua pikiran atau ide terbaiknya pada pekerjaannya dan ia percaya bahwa bekerja dengan pikiran jernih serta menaruh hati dan raganya pada pekerjaan tersebut akan mempermudah untuk mencapai tujuan.

7. Berambisi
Elon mempunyai kegigihan yang tinggi untuk terus bekerja dan bertahan pada berbagai rintangan. Ia terdorong untuk melakukan hal yang benar dan tidak peduli dengan status “mewah”nya. Tekadnya untuk menyaingi pesaing sungguh menakjubkan. Elon secara intriksik memotivasi dan mendorong dirinya dengan sangat keras. Sikapnya yang tidak pernah menyerah memberinya kemampuan untuk bertahan.


Jadi yang dapat saya utarakan mengenai Elon Musk yaitu beliau merupakan pemimpin bisnis langka yang tertarik pada manusia secara keseluruhan dan ingin mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat mengubah dunia tempat kita tinggal. Elon dapat menjadi industrialis yang ideal pada abad ke-21 yang mampu mendorong berbagai pengusaha lainnya untuk dapat berbisnis dengan tepat.

Sumber :
http://www.citizentekk.com/elon-musk-qualities/

image

Elon Musk bukan orang terkaya didunia, tetapi tanpa dapat diperdebatkan lagi, dia adalah salah satu entrepreneur yang paling berpengaruh saat ini. Bagaimana tidak? Elon Musk adalah figur kunci dari Tesla Inc (sebelumnya Tesla Motor), SpaceX dan Solarcity (merger dengan Tesla Motor menjadi Tesla Inc) ketiganya adalah perusahaan yang mempunyai orientasi masa depan dan bertujuan mengembangkan umat manusia ketingkat yang lebih tinggi.

Selain mempunyai peranan penting dalam perkembangan pesat Tesla Inc yang mempunyai potensi besar merubah industri otomotif dan energi global, dan SpaceX yang menjadi salah satu perusahaan swasta terdepan dalam teknologi luar angkasa, Elon Musk juga termasuk jajaran 100 orang terkaya dunia dengan kekayaan lebih dari US$ 14 miliar pada tahun 2016.

Dengan kesuksesannya tersebut, Elon Musk sering disebut sebagai “Tony Stark” atau “Iron Man” dalam kehidupan nyata. Bahkan diakui oleh Robert Downey JR (pemeran film Iron Man) bahwa pencitraan Tony Stark yang dia lakukan terinspirasi dari sosok Elon Musk.

Tetapi dibalik kesuksesannya yang fenomenal, Elon Musk melalui perjalanan yang cukup panjang, hambatan dan juga kegagalan.

Pada saat kuliah dia memikirkan apa yang ingin dia lakukan dengan hidupnya, untuk menjawab hal tersebut Elon mulai dengan pertanyaan “Hal apa yang paling berpengaruh terhadap masa depan umat manusia?”. Dari pertanyaan tersebut dia melihat ada 5 hal yang paling berpengaruh yaitu :

  1. Internet,
  2. energi terbarukan,
  3. eksplorasi luar angkasa, khususnya ekspansi kehidupan diluar bumi,
  4. Kecerdasan buatan (Artificial Intellegence/AI), dan
  5. Pemprograman kode genetik manusia.

Elon adalah wujud nyata seorang ilmuwan yang mampu menerapkan konsep sains teknologinya menjadi lahan bisnis. Pada awal karirnya Elon mendirikan Zip2 sebuah perangkat lunak web dan mendapatkan kontrak dengan New York Times dan Chicago Tribune. Dengan strategi ekonominya, Elon pun kemudian mendirikan X.com yang beberapa waktu berikutnya mengakuisisi Confinity. Induk perusahaan Paypal.

Pada tahun 2000, Elon musk sempat mencoba melakukan penelitian tentang roket dan belajar untuk membuatnya sendiri, namun pada 2001 Elon justru berangkat ke Rusia untuk membeli Roket yang akan mengirim dirinya sendiri ke Planet Mars.

Sayangnya negosiasi ini gagal. Karena harga roket yang begitu mahal. Lagi-lagi melalui Strategi bisnisnya, Elon musk mendirikan Space X. Sebuah perusahaan di bidang teknologi dan mulai konsentrasi untuk mengembangkan roket.

Ditengah-tengah fokusnya pada teknologi Roket dan misi membawa manusia ke Planet Mars, di tahun 2004 Elon Musk berinvestasi pada Tesla Motors. Sebuah perusahaan yang kemudian berfokus pada teknologi Mobil Listrik.

Bagaimana kelanjutan proyek Roket Elon Musk ?
Roket pertama yang diluncurkan pada 2004 meledak. Begitu pula dengan roket kedua dan ketiga yang membuat perusahaannya nyaris bangkrut. Pembeda seorang pemenang dan pecundang adalah, tidak berhenti berinovasi ketiga kegagalan itu tiba.

Hasilnya ? Roket ke empat sukses meluncur.
Pada tahun 2008 Roket SpaceX memenangkan tender kontrak dengan NASA senilai $1.6 Miliar untuk penerbangan 12 Roket Falcon.

Melalui perusahaannya yang lain, Tesla Motors, Elon Musk memperkenalkan Tesla Model S, sebuah Mobil listrik masa depan berjenis Sedan.
Terkait mobil listrik ini, pernah sekali waktu wartawan bertanya pada Elon Musk,
“Apple baru saja merekrut beberapa insinyur terbaik Tesla untuk membuat iCar (mobil listrik buatan Jobs) apa anda khawatir dengan persaingan ini ?”
“Terbaik? Sayangnya mereka adalah orang-orang yang kami pecat. Kami di Tesla selalu punya lelucon bahwa Apple Inc adalah Kuburannya Tesla. Mereka yang gagal di Tesla, akan lari ke Apple.” Ujar Elon kala itu, sedikit jumawa.

Begitulah Elon Musk, sesosok yang mungkin mirip dengan Tony Stark. Seorang Ilmuwan, kaya, cerdas, memiliki bisnis yang bagus, dan sedikit memiliki tingkat kepercayaan yang kelewat tinggi.
Memang, ketika inovasi yang ada di kepala anda mampu anda realisasikan , hal apalagi selain kebanggan yang mampu anda pamerkan ?
Karena Inovasi bukanlah Inovasi, jika terus hanya ada di dalam kepala anda.

Sumber :

https://www.inspirasiuntukindonesia.com/post-490-cerita-inspiratif-the-man-behind--elon-musk.html

elon

Elon Musk adalah pengusaha kedua di Silicon Valley (yang pertama adalah James H. Clark) yang berhasil menciptakan tiga perusahaan dengan pangsa pasar lebih dari $ 1 miliar - PayPal, SpaceX, dan Tesla Motors. Elon Musk mendedikasikan diri pada teknologi energi luar angkasa dan alternatif. Dia bermain dengan beberapa peraturan yang berbeda dan melakukan itu dengan cukup berhasil. Karakter kepribadian khas Elon Musk adalah ketekunan, pemikiran kritis, analisis diri dan kerja keras yang akurat (dia bekerja 80-100 jam per minggu).


Berikut Merupakan 8 Pelajaran yang bisa Anda Pelajari dari Karir Elon Musk :

1. Bagaimana mengelola risiko
Pengusaha terkenal pada zaman kita, Mr. Musk harus mengembalikan uangnya lebih dari sekali sehingga membuatnya lebih berani dalam mengambil resiko
Mengenai masalah risiko, dia mengatakan: "Kegagalan adalah pilihan di sini. Jika hal-hal tidak gagal, Anda tidak cukup berinovasi. "

2. Bagaimana mempersiapkan masa depan
Dengan wawasan tentang masa depan teknologi melalui kepemimpinannya dengan SpaceX, Musk memiliki kemampuan untuk memberi tahu kami apa yang ada di depan kita tidak seperti wirausahawan lain zaman kita.
Dia mengatakan: "Ada perbedaan mendasar, jika Anda melihat ke masa depan, di antara manusia yang merupakan peradaban yang bernasib ruang, di luar sana menjelajahi bintang-bintang dibandingkan dengan di mana kita selamanya terbatas di Bumi sampai beberapa peristiwa kepunahan akhirnya. "

3. Miliki fondasi yang kokoh untuk gagasan Anda
Elon Musk telah mengubah cara kita menukar uang secara online. Gagasannya telah membuktikan diri bukan hanya game-changer tapi revolusioner.

4. Bagaimana memilih karyawan baru
Pemilik bisnis yang paling sukses di dunia akan memberi tahu Anda bahwa tidak ada yang lebih penting daripada mempekerjakan hak dan menembak dengan cepat. Karena mempekerjakan orang yang tepat dapat membuat atau menghancurkan perusahaan Anda, Musk menekankan untuk melihat melewati bakat mereka dan bergantung pada intuisi Anda. Saat mempekerjakan, Musk mengatakan: "Kesalahan terbesar saya mungkin terlalu banyak menimbang bakat seseorang dan bukan kepribadian seseorang. Kurasa penting apakah seseorang memiliki hati yang baik. "

5. Bagaimana bertahan bila keadaan menjadi sulit
Terkadang bagian tersulit tentang menjadi seorang pengusaha adalah memilih diri sendiri saat Anda jatuh. Kemungkinannya adalah, jika Anda sudah memulai bisnis sebelum atau merencanakan ke depan, tidak semua ide Anda akan berhasil.
Musk punya saran untuk Anda jika Anda ragu tentang apakah Anda harus melanjutkan: “Jika ada sesuatu yang cukup penting, bahkan jika kemungkinannya bertentangan dengan Anda, Anda masih harus melakukannya.”

6. Jadilah ambisius
Bagian tersulit dari perjalanan adalah langkah pertama. Ketika menyangkut ambisi, Langkah pertama adalah menetapkan sesuatu yang mungkin; maka kemungkinan akan terjadi. "

7. How to Progress with Purpose
Setelah langkah pertama Anda, ada pendakian yang panjang ke puncak gunung. Menjaga kaki kanan di depan Anda tidak sulit, begitulah cara Anda menangani panggilan telepon tiga bulan ke dalam proyek Anda bila Anda harus menjawab permintaan lain dari investor Anda untuk meminta hasilnya.

8. Tahu apa yang memotivasi Anda
Mengawasi bola adalah kunci. Selalu tetap setia pada gairah hidup Anda dan perubahan yang ingin Anda lihat di dunia adalah bagaimana para pemimpin dapat memisahkan diri dari kawanan. Menurut motifnya, Musk berkata: “Pergi dari PayPal, saya berpikir: 'Apa yang beberapa masalah lain yang cenderung paling mempengaruhi masa depan umat manusia? ‘Bukan dari perspektif,’ Apa cara terbaik untuk menghasilkan uang? '”
Dalam usaha terbarunya, Zip2, Musk mengambil pendidikan online melalui video bagaimana caranya. Dengan menggunakan kepemimpinan pelacak ini Anda bisa menciptakan sesuatu di industri Anda yang tak ada bandingannya. Contoh bagusnya adalah Mr. Checkout, yang telah menciptakan pendekatan inovatif untuk distribusi tidak seperti apa yang pernah kita lihat sebelumnya. Terapkan pelajaran ini ke perusahaan Anda sendiri dan bangunlah sesuatu yang dunia tidak dapat bayangkan.

Sumber :



Elon Musk, ia sering dijuluki sebagai Tony Stark (Aktor utama film Iron Man) di dunia nyata, lahir di Afrika Selatan pada tahun 1971. Ia adalah sesosok pria yang paling berpengaruh dibalik kesuksesan pabrikan mobil listrik modern, Tesla Motors, lalu perusahaan roket komersil pertama yang diluncurkan ke ISS (International Space Station), SpaceX, dan SolarCity yaitu perusahaan yang memiliki tujuan untuk menciptakan energi – energi bersih agar bumi lebih sejahtera untuk ditinggali. Sebelum ia menciptakan perusahaan – perusahaan besar seperti Tesla Motors, SpaceX dan SolarCity, ia telah membuat inovasi – inovasi lainnya seperti Zip2 yang merupakan perusahaan pertama yang ia dirikan. Perusahaan tersebut memfokuskan bisnisnya pada pengembangan dan pemasaran yang berkaitan dengan panduan suatu kota atau yang biasa dikenal sebagai City Guide dan pada tahun 1999 perusahaan tersebut diakusisi oleh AltaVista yang saat itu sudah dibeli oleh Compaq. X .com yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan finansial/perusahaan pembayaran dan perusahaan tersebut sekarang diakusisi dan diubah namanya menjadi Paypal seperti yang telah kita kenal sekarang.

Pada awalnya, ketika Elon bergabung dengan Tesla Motor dan menempati sebagai ketua dewan Direksi, terjadi beberapa kegagalan manajemen pada tahun 2007 ketika merancang Tesla Roadster, pada saat itu Elon Musk tidak banyak mengambil peran dalam operasional perusahaan tesla. Yang mengakibatkan harga pembuatan Tesla Roadster hampir dua kali lebih tinggi dari harga yang direncanakan diawal. Ditambah lagi Martin Eberhard membuat kesalahan perhitungan strategis terkait dengan konsep transmisi untuk tesla roadster. Lalu pada periode tersebut Tesla berusaha keras dan mengeluarkan banyak uang untuk menyelamatkan masa depan Tesla. Elon Musk mengambil alih perusahaan dan memecat seluruh eksekutif yang bertanggung jawab atas hal tersebut termasuk Edenhard. Dan semenjak itu pada tahun 2008, ia memimpin langsung Tesla Motor sebagai CEO dan arsitek produk hingga sekarang.

Lalu pada saat kritis Tesla tersebut, Elon Musk berusaha keras menyusun strategi agar perusahaan ini tidak ditelan oleh waktu, salah satu strateginya ialah melakukan efisiensi pegawai dan mengurangi staf hingga 10%, menegosiasi harga Supplier, hingga menutup beberapa kantor Tesla. Hingga pada Desember 2008, hanya tinggal beberapa jam dari kebangkrutan, Elon berhasil mendapatkan investor yang siap mendanai Tesla sebesar US$20 juta ditambah lagi ia rela menjual McLaren F1 kesayangannya untuk menyelamatkan Tesla. Dan semenjak saat itu keadaan mulai membaik bagi Tesla.

Fokus dan Strategi yang dianut oleh Elon Musk hanya satu, yaitu bagaimana caranya ia menciptakan inovasi – inovasi baru di bidang energi bersih yang dapat membantu manusia dan bumi. Hingga pada tahun 2012 Tesla meluncurkan Tesla Model S, mobil listrik yang menuai kesuksesan besar, Model S mendapatkan nilai tertinggi dalam Consumer Report dengan nilai 99/100, ditambah lagi Tesla S mendapatkan rating keselamatan tertinggi dalam sejarah Administrasi Keselamatan Jalan Raya Nasional dan sukses menjual seratus ribu Tesla Model S.

Tesla Supercharger


Salah satu strategi Tesla dalam memasarkan produk – produk mobil listriknya ialah dengan melakukan pembangunan banyak jaringan Supercharger, yaitu tempat seperti SPBU namun digunakan untuk mengisi tenaga mobil dari Tesla, yang mana juga dibangun oleh perusahaan pembuat mobil lainnya seperti BMW nantinya. Hal ini dapat meningkatkan minat dari calon pengguna mobil listrik sendiri, karena salah satu kendala Tesla dalam melakukan Inovasi mobil listrik ialah sulitnya calon pengguna untuk beralih dari mobil konvensional (Mobil berbahan bakar minyak) menjadi mobil modern (Mobil listrik).

Lokasi Supercharger Tesla Tahun 2017


Walaupun Tesla menuai kesuksesan yang sangat besar di mobil listrik, namun saja Elon Musk membuka paten perusahaan mobil listrik ini kepada semua pendatang. Hal ini dilakukan oleh Elon Musk untuk membantu mempercepat adopsi dan terciptanya mobil listrik. Dan Elon Musk juga menyatakan bahwa paten ini akan memberikan bantuan sederhana ke pembuat mobil lain tanpa mengganggu bisnis Tesla.


Sumber