Mengapa warna bunga berbeda-beda?

Bunga

Bunga termasuk ke dalam jenis tanaman hias. Disebut seperti ini karena biasanya bunga memiliki bermacam-macam warna yang indah. Ada yang merah, putih, kuning, oranye, ungu, dan warna lainnya. Mengapa bunga bisa terdiri dari berbagai warna yang berbeda-beda?

1. Memiliki Pigmen

Warna dasar bunga bisa berbeda karena setiap bunga memiliki pigmen yang disebut anthocyanidines yang berbeda pula. Perbedaan pigmen itu membuat bunga memiliki warna sendiri ketika terkena sinar matahari. Selain itu ada pigmen-pigmen lain yang mempengaruhi seperti flavonoids, flavnols, dan klorofil.

2. Sinar Ultraviolet

Faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet juga memengaruhi. Coba teman-teman perhatikan, warna bunga bisa berubah di pagi hari dan di sore hari setelah ia terkena sinar matahari, lo.

3. Dipengaruhi Iklim

Faktor geografis pun berpengaruh terhadap warna bunga. Seperti bunga yang tumbuh di iklim dingin biasanya memiliki warna yang lebih cerah ketimbang bunga yang tumbuh di daerah panas.

4. Proses Penyerbukan

Faktor penting lainnya adalah bunga berbeda warna karena proses penyerbukan oleh serangga seperti lebah, tawon, dan kupu-kupu. Serbuk dari satu bunga ke bunga lain yang dipindahkan oleh serangga ternyata dapat memberi perbedaan warna pada bunga.

Sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Kenapa-Warna-Bunga-Berbeda-Beda