Mengapa ular ball python jadi hewan peliharaan yang populer ?

image

Mengapa ular ball python menjadi hewan peliharaan yang populer, adakah kelebihannya?

Inilah 6 Alasan kenapa Ball Python menjadi hewan peliharaan yang populer:

1. Ball Python tidaklah terlalu besar
Ball python Dewasa berukuran antar 130cm – 180cm, apabila di alam liar umunya ukuran ball python dewasa hanya berkisar 140cm sangatlah jarang menemukan ball python di alam liar yg mempunyai ukuran lebih besar dari 140cm. sebagai hewan peliharaan manusia ball pyhon mengalami pertumbuhan sekitar 35cm tiap tahun di awal tiga tahun pertama, setelah 3 tahun pertumbuhan menurun bahkan berhenti, maka Ball Python menjadi peliharaan yang sangat ideal untuk kita yg tidak memiliki space luas. Dengan ukuran yang relatif kecil ini pula Ball Python menjadi ular yang sangat aman untuk dipelihara.

2. Ball Python mempunyai umur yg relatif lama
Umur ballpyhon relatif lama, mereka bisa hidup sekitar 20 tahun tetapi jika benar2 dirawat dengan baik mereka bisa hidup sampai 30 tahun, sudah ada yang mengkalim kalo mempunyai ballpython berumur 35 tahun, soal benar ato salah, mari qt buktikan sendiri dengan merawat ballpython yg kita koleksi sebaik mungkin. maka siap2lah untuk ditemani ball python dalam waktu yang lama.

3. Kandang untuk Ball python tidaklah rumit
Kandang untuk ball python tidaklah terlalu rumit, kotak kontainer dengan lubang ventilasi sudah cukup nyaman untuk ball python, tetapi harus disesuaikan antara ukuran ballpython dan volume container. Volume 40 Galon (97x46x40cm) adalah ukuran yg ideal untuk Ballpython dewasa untuk ukuran yg baby, setengah dari ukuran container Ball Python dewasa sudah ideal. Tetapi jangan lupa untuk mengecek tutup kandang ballpython karena ball python termasuk ular yang pandai melarikan diri. Selalu sediakan Hiding Box untuk Ball python terlebih lagi apabila Ball pythonnya masih kecil, hal ini agar ball python merasa aman dan terlindungi sehingga Ball python tidak mudah stress, dan jika ball python tidak stress maka nafsu makan akan tetap lancar, artinya secara tidak langsung Hiding box membantu dalam menjaga nafsu makan Ball python. Untuk Substrat Koran bekas sudah merupakan substrat yg bagus untuk Ballpython. Hal ini dikarenakan Koran sangat praktis dan mudah terlihat bersih dan tidaknya koran ygt kita pakai sebagai subtrat. apabila Ball python sudah dewasa idealnya bisa menggunakan cypress bark karena sangat menyerap terhadap cairan dan bisa juga menjaga kelembaban kandang Ballpython. Substrat yg harus kita hindari untuk ball python: cedar (karena getahnya mengandung racun), pine dan aspen (karena dapat menggangu pernapasan Ball python).

4. Ball Python sangat mudah untuk dipelihara
hal simple yang harus diperhatikan hanya memperhatikan Temperature kandang Suhu ideal untuk kandang Ballpython adalah Siang hari 27-32 derajat Celcius. Malam hari 22-28 derajat celsius. Tidak ada salahnya untuk menyediakan thermometer di dalam kandang ball python karena akan sangat memudahkan kita dalam memantau suhu kandang Ball python.Selain itu, Ballpython memerlukan kelembaban kandang 50-65%, beli Hygrometer apabila ingin memantau kelembaban kandang Ballpython dengan mudah. Bisa juga diakali dengan menyediakan tempat minum yg relatif besar untuk menjaga kelembaban kandang. Air Bersih harus selalu tersedia di dalam kandang, karena selain sebagai air minum, air juga sebagai tempat berendam ballpython disaat suhu dirasa tinggi dan juga untuk menjaga kelembaban kandang, jadi kalo bisa sediakan wadah air yg cukup untuk dipake ball python berendam. usahakan mengganti setiap hari air di kandang ball python dengan yang baru.

5. Hemat Menu Makan & Jadwal Makan
Menu makan ball python adalah tikus putih (bisa besar atau kecil) menyesuaikan ukuran Ballpython yg akan diberi makan, kalo bisa diajarkan makan tikus yg baru saja mati,hal ini untuk menghindari terjadinya perlawanan dari tikus yang akan dimakan yg memungkinkan melukai ballpython tersebut. Managemen waktu makan, usahakan untuk memberi makan dengan interval waktu yg sama, misal 1 minggu sekali, 3 hari sekali, ato 5 hari sekali hal ini agar nafsu makan ballpython tetap terjaga
Managemen Porsi makan, dalam memberi porsi makan untuk ballpython diusahakan 75% dari kemampuan maksimal dia makan, contoh: ballpython yg berdasarkan ukurannya sudah mampu makan 4 ekor Tiput kecil, cukup diberi makan 3 ekor tiput kecil, hal ini juga untuk menjaga nafsu makan dari ballpython sehingga kita bs menghindari yang namanya mogok makan. Sangat simple kan? Bahkan bisa dipelihara oleh orang yang super sibuk sekalipun, gak harus kasih makan tiap hari seperti halnya memelihara kucing atau anjing.

6. Ball Python peliharaan yg Cantik dan ramah
Nahh…poin terakhir adalah poin yang paling penting menurut saya. Ball Python merupakan ular dengan warna2 yang sangat cantik. Bayangkan ada memiliki hewan peliharaan berwarna ungu. Menakjubkan bukan? Selain itu Ball Python memiliki varian warna yang sangat banyak, saat ini telah terdokumentasikan lebih dari 5000 morphologi menurut worldofballpython.com. itu jumlah yang fantastis menurut saya, sungguh banyak pilihan. Warna-warni yang cantik inilah yang menanggalkan kesan seram yang selama ini melekat pada ular. Ball Python adalah ular yang sangat lucu. Selain memiliki warna-warni yang cantik begitu pula dengan karakternya yang tidak agresif. Ball Python merupakan ular yang sangat ramah, jarang sekali menggigit, bahkan sangat jarang terjadi. Ball Python lebih cenderung menggulung seperti bola untuk melindungi diri dari pada menggigit. Sangat aman bukan? bahkan sebagai peliharaan untuk anak kita dirumah sekalipun.