Mengapa tubuh kita butuh oksigen?

Oksigen sangat penting untuk hidup manusia.

Tanpanya, tak berselang lama kita akan mati.

Rata-rata kita menghirup dan menghembuskan nafas sekitar 16 kali satu menit untuk mendapatkan oksigen yang cukup untuk tetap hidup.

oksigen digunakan pada proses pembakaran dalam tubuh untuk membentuk energi sehingga proses-proses di dalamnya bisa berlangsung. ita menghirup oksigen dari udara melalui lubang hidung yang kemudian dialirkan ke dalam paru-paru. Di sana, udara dialirkan ke kamar-kamar kecil yang disebut alveoli. Nah, alveoli tersebut dikelilingi oleh pembuluh darah. Di sini terjadi pertukaran gas oksigen dari alveoli paru-paru dengan karbon dioksida (CO2) yang dibawa oleh sel-sel darah merah. Oksigen diambil oleh sel darah merah, sedangkan karbon dioksida dilepaskan ke alveoli. Bagian sel darah merah yang berfungsi untuk menyimpan oksigen adalah sebuah protein yang bernama hemoglobin. Satu hemoglobin bisa menyimpan empat molekul oksigen.

Oksigen tersebut kemudian diangkut oleh darah menuju sel-sel tubuh. Di sana, oksigen dilepaskan oleh hemoglobin dan masuk ke dalam sel. Tempat menyimpan oksigen dalam sel tubuh adalah protein myoglobin, sejenis hemoglobin tapi hanya bisa menyimpan satu molekul oksigen saja. Untuk menghasilkan energi, oksigen tersebut dibawa ke mitokondria, organel yang berfungsi sebagai reaktor penghasil energi untuk sel. Di sinilah oksigen digunakan untuk pembakaran. Secara sederhananya, oksigen digunakan untuk membakar molekul gula (glukosa) menghasilkan karbon dioksida, air, dan ATP (Adenosine Tri-Phosphate, adenosin-tiga-fosfat). ATP inilah energi yang dimaksud.

ATP yang dihasilkan kemudian digunakan pada berbagai proses yang terjadi di dalam sel untuk berkembang dan bertahan hidup. Jika tidak ada oksigen, maka ATP tidak akan terbentuk sehingga berbagai proses di dalam sel tidak akan berlangsung. Hal ini akan menyebabkan kematian sel dan juga manusia itu sendiri. Karbon dioksida yang dihasilkan dari proses pembakaran tadi diambil oleh sel darah merah untuk dikirim ke paru-paru dan dilepaskan ke udara.

Sumber: