Mengapa Tidak Boleh Makan dan Minum Sesaat Sebelum Olahraga?

olah raga

Jika sebelum olahraga kita merasa haus atau kurang minum, maka sebaiknya minum seteguk saja untuk membasahi mulut. Jangan sampai minum air dalam jumlah banyak sebelum olahraga. Bagaimana Jika Haus?

Tidak Boleh Minum

Jika sebelum olahraga kita merasa haus atau kurang minum, maka sebaiknya minum seteguk saja untuk mebasahi mulut. Jangan sampai minum air dalam jumlah banyak sebelum olahraga. Hal itu bisa membahayakan kesehatan, terutama ginjal. Ginjal kita hanya bisa memproses satu liter air dalam waktu satu jam. Jika kita minum lebih dari batas itu, maka kita bisa berisiko mengalami hyponatremia. Itu adalah keadaan dimana darah menjadi encer. Selain itu, kebanyakan minum air sebelum olahraga juga bisa menyebabkan kram.

Bagaimana Kalau Haus?

Agar tidak kekurangan cairan saat berolahraga, sebaiknya kita minum dua – tiga gelas air, tiga jam sebelum memulai olahraga. Satu jam sebelum olahraga juga tidak apa, tapi jangan terlalu banyak. Satu gelas saja sudah cukup.

Tidak Boleh Makan

Selain minum, kita juga tidak boleh makan terlalu banyak sesaat sebelum olahraga. Apalagi makanan pedas, makanan ini bisa membuat asam lambung naik saat kita sedang berolahraga. Asam lambung yang naik bisa menyebabkan iritasi di bagian kerongkong

sumber : http://bobo.grid.id/Embed/Sains/Iptek/Kenapa-Tidak-Boleh-Makan-Dan-Minum-Sesaat-Sebelum-Olahraga