Mengapa "The Flying Dutchman" tidak berlabuh?

Kapal ini berasal dari Belanda. Banyak cerita bahkan kapal ini dibuatkan film untuk menceritakan kapal hantu ini. Film tersebut berjudul “Pirates of Caribian”. Konon, kapal ini tidak pernah berlabuh sama sekali dan terus berlayar mengarungi tujuh lautan selamanya. Tetapi, akhirnya kapal ini tidak pernah ditemukan seperti ditelan oleh lautan. Bagaimana menurut mu? Ada hal mistis apa?

Nama kapal hantu paling terkenal di dunia The Flying Dutchman menjadi inspirasi film The Pirates of the Caribbean dan film kartun Spongebob Squarepants. Nama The Flying Dutchman sebenarnya mengacu pada seorang kapten kapal, bukan nama kapal. The Flying Dutchman adalah nama Kapten Hendrick Van Der Decken yang berlayar dari Amsterdam menuju Pulau Jawa dengan tujuan akhir Tanjung Harapan. Pada versi lain menyebutkan nama sang kapten adalah Bernard Fokke.

Saat berlayar itu dia menghadapi badai dahsyat. Namun sang kapten menolak untuk mengubah arah kapal apalagi berlabuh meskipun ada permohonan dari para kru. Gelombang besar akhirnya menghantam kapal, sementara sang kapten terus bernyanyi, minum bir dan merokok pipanya. Sang kapten malah bersumpah dan mengutuk semua awak kapalnya jika tidak meneruskan perjalanannya. Sehingga kapal ini akan terus berlayar mengarungi tujuh lautan untuk selamanya tanpa berlabuh sekalipun. Penampakan The Flying Dutchman yang sering dilihat pelaut terkemuka, termasuk Prince George of Wales dan saudaranya, Pangeran Albert Victor of Wales di sekitar Cape Peninsula.

Sumber