Mengapa tanaman pangan seperti jagung, ubi dan lain sebagainya tidak pernah mengalami fluktuasi harga yang berlebihan seperti cabai?

Tanaman Pangan

Mengapa tanaman pangan seperti jagung, ubi dan lain sebagainya tidak pernah mengalami fluktuasi harga yang berlebihan seperti cabai?

1 Like

Menurut Irawan (2007), fluktuasi harga disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara jumlah pasokan dan permintaan yang dibutuhkan konsumen. Cabai merah merupakan salah satu komoditas yang mengalami fluktuasi harga yang cukup besar. Fluktuasi harga cabai disebabkan oleh besarnya jumlah penawaran dan jumlahnya permintaan. Seperti halnya komoditas holtikultura lainnya, cabai secara umum bersifat mudah busuk, mudah rusak, volumenious , produksinya yang bersifat musiman, namun konsumsinya terjadi sepanjang tahun sehingga dilapangan fluktuasi harga cabai cenderung naik dan berlebihan dibandingkan tanaman pangan lainnya.

Fluktuasi harga seringkali lebih merugikan petani daripada pedagang, karena pada umumnya petani tidak dapat mengatur waktu penjualannya untuk mendapatkan harga jual yang menguntungkan. Fluktuasi harga yang tinggi juga memberi peluang bagi pedagang untuk memanipulasi informasi harga di tingkat petani sehingga tranamisi harga kepada petani cenderung asimetris dalam pengertian kenaikan harga di tingkat konsumen tidak diteruskan kepada petani secara cepat dan sempurna.

1 Like