Mengapa setelah selesai olahraga dianjurkan untuk melakukan pendinginan ?

Melakukan pendinginan

Melakukan pendinginan setelah olahraga merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Karena pada dasarnya, manfaat dari pendinginan setelah berolahraga ini sering dibahas guna mencegah risiko cedera pada otot-otot tubuh. Namun, seberapa pentingkah melakukan pendinginan sehabis berolahraga? Adakah manfaat besar yang bisa didapat ?

Menurut Amerian Council on Exercise, pendinginan atau meregangkan tubuh sehabis berolahraga terbilang penting. Mengapa penting? Efeknya tidak hanya membantu mencegah cedera, tapi juga bisa membantu mengatasi nyeri yang muncul sesudahnya.

Saat berolahraga, otot tubuh akan merasa hangat akibat gerakan dan kecepatan saat Anda berolahraga. Nah, fungsi dari pendinginan ini adalah meningkatkan rentang gerak otot agar mereka tidak robek dan terluka dalam kondisi yang hangat. Dengan rutin melakukan pendinginan badan setelah berolahraga, Anda juga bisa mengurangi nyeri pada otot yang biasanya muncul 1 atau 2 hari setelah berolahraga.

  1. Membantu mengurangi kelelahan otot
    Saat Anda berolahraga, asam laktat terbentuk di otot Anda, tak jarang asam laktat ini sering menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Dengan melakukan pendinginan, otot akan melakukan persiapan penurunan suhu menuju aktivitas biasa dan nyerinya bisa pulih lebih cepat.

  2. Melatih fleksibilitas otot
    Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari pendinginan adalah untuk melatih dan meningkatkan fleksibilitas otot tubuh. Otot yang lentur dan fleksibel penting dilatih jika memang Anda gemar atau rutin berolahraga setiap hari.

Hal ini juga berpengaruh seiring bertambahnya usia tubuh Anda. Karena semakin tua usia, otot dan persendian tubuh juga semakin tumbuh kaku dan tidak fleksibel. Sehingga rutinitas seperti pendinginan atau melakukan pijat sehabis berolahraga sangat dibutuhkan guna mengurangi kekakuan otot.

Lalu, setiap hela napas yang dikeluarkan saat melakukan pendinginan, tubuh ikut meregang sembari mengatasi rasa sakit dan nyeri yang ada di badan. Kesatuan antara pikiran dan tubuh ini dinyatakan penting untuk relaksasi dan menghilangkan stress. Selain itu, saraf di dalam otak dan sekujur tubuh Anda juga akan terasa lebih tenang jika Anda rutin melakukan peregangan setiap hari.

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya melakukan pendinginan setelah olahraga, nyatanya masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebelum melakukan olahraga, Anda juga wajib melakukan pemanasan, sama halnya juga dengan melakukan peregangan otot tubuh setelah selesai olahraga. Kedua hal ini harus dilakukan dengan seimbang, yaitu sebelum dan sesudah berolahraga.

Lalu, pendinginan bisa dilakukan dengan cara yang lembut. Hindari dengan melakukan gerakan yang meloncat atau bergerak lebih cepat. Jangan lupa juga untuk menarik napas dalam-dalam guna mendapatkan sensasi di tubuh saat meregang. Disarankan untuk melakukan pendinginan 3-5 menit saja setelah berolahraga.

Sumber :