Mengapa saat lepas landas atau mendarat, terkadang telinga terasa sakit dan berdengung?

Ketika seseorang naik pesawat terkadang saat lepas landas atau mendarat, telinga mereka terasa sakit dan berdengung, apa penyebabnya?

Alasan telinga sakit ketika lepas landas

Sakit di telinga muncul ketika kita melewati perbedaan tekanan udara dengan sangat cepat. Artinya, kita berpindah ketinggian secara cepat. Kebanyakan kasus sakit telinga terjadi saat pesawat sedang proses mendarat (landing), namun ada juga kasus ketika pesawat saat lepas landas (take off).

Seharusya, ketika terjadi perubahan tekanan, udara akan menekan ke dalam telinga. Namun berkat saluran Eustachius, tekanan tersebut bisa disebar secara merata ke tenggorokan dan hidung. Masalah terjadi bila saluran tersebut buntu. Biasanya karena lendir.

Maka tekanan yang masuk ke telinga akan menekan gendang telinga dan tidak bisa tersalurkan. Akibatnya telinga menjadi sakit dan terkadang agak-agak tuli. Namun kejadian ini umumnya tak berlangsung lama. Setelah pesawat mendarat, sistem tubuh kita akan menyesuaikan diri kembali.

Solusinya adalah
Pertama, kunyah permen karet. Gerakan mengunyah bisa membuat saluran Eustachius tetap terbuka dan mengusir lendir yang menghambat.

Kedua, jika tidak sangat penting, sebaiknya hindari naik pesawat ketika kamu sedang terkena flu. Sebab lendir akan lebih mudah menutup saluran Eustachius dan membuat sakit telinga makin parah.

Ketiga, ketika telinga mulai sakit coba langkah ini: Tutup hidungmu dan tarik napas melalui mulut. Kemudian mulailah menggerakkan otot mulut seperti hendak menghembuskan napas, tapi tutup mulutmu rapat-rapat. Hembus terus pelan-pelan udara yang ada. Udara yang terperangkap akan mencoba membuka saluran Eustachius yang tertutup. Tapi ingat, tindakan ini bisa jadi berbahaya, jadi jangan dilakukan terlalu lama. Cukup 2 hingga 3 detik saja.

Sumber : Alasan telinga sakit