Mengapa saat ini banyak yang memilih aplikasi streaming musik?

Di era digital sekarang, kita lebih sering mendengarkan lagu secara online dan digital melalui digital music service. Platform digital musik yang paling familiar dengan kita adalah spotify, apple music, joox, youtube music Biasanya bisa diakses secara penuh menggunakan fitur premium.

Digital music service sekarang menjadi pilihan paling tepat karena menghadirkan inovasi baru seperti playlist yang dibuat secara otomatis seusai dengan lagu-lagu yang kita sukai, semua lagu tersedia, sekaligus menyediakan lirik secara langsung, sehingga memudahkan kita untuk menikmati lagu.

Kalau teman-teman biasa menggunakan aplikasi musik streaming apa nih? Ada alasan tertenu gak buat milih aplikasi tersebut? Dan apa keuntungannya?

Digital music app sangat memudahkan dalam mendengarkan musik. Walaupun tidak gratis, menurut saya dengan harga yang bervariasi bisa menjadi opsi untuk memilih aplikasi yang kita inginkan. Saya sendiri menggunakan spotify sejak SMA karena menurut saya spotify salah satu aplikasi yang lengkap lagunya. Selain itu cara pembayarannya menurut saya mudah. Untuk menghemat biaya juga saya berlangganan spotify premium family karena harganya lebih murah.

Keuntungannya selain menjadi praktis dan mudah untuk diakses, berbagai fitur yang ada pada spotify cukup lengkap, mulai dari profil musisi, jadawal manggung musisi, lirik lagu, hingga penjualan merch dapat diakses dari satu aplikasi. Selain itu, kita tidak perlu untuk pergi ke toko musik dan membeli album fisik karena beberapa toko musik pun memiliki keterbatasan album yang dijual sehingga tidak lengkap, sedangkan pada aplikasi musik digital sangat lengkap, namun tetap tergantung pada musisinya karena tidak semua musisi rilis secara digital.

Saya biasanya menggunakan YouTube Music untuk mengakses musik streaming, selain karena praktis digunakan, tanpa kita perlu mendownload musik atau aplikasi musik streaming lainnya kita juga dapat menghemat kapasitas memori handphone, serta dapat kita perdengarkan di manapun dan kapanpun, baik melalui aplikasi YouTube di handphone maupun melalui browser.

Pilihan untuk berlangganan premium atau tidak juga tidak masalah dalam YouTube Music, sehingga tetap bisa nyaman dan leluasa dalam mencari dan mendengarkan musik yang kita inginkan, lalu kelebihan lainnya adalah kita juga bisa melihat video clip dari lagu yang kita putar.

Aplikasi streaming music sangat membantu di era yang serba digital seperti sekarang ini. Jika dulu kita harus men download lagunya satu-per-satu dan begitu terus setiap kali ada lagu-lagu baru, cara itu sangat tidak efektif. Selain me makan banyak memori, membuat ribet juga karena harus double check ‘apakah saya sudah men download lagu ini atau belum?’ yang berujung aka nada penumpukan file dan membuat folder file jadi berantakan.

Saya menggunakan aplikasi streaming music , Spotify. Saya pilih spotify karena aplikasinya tidak terlalu besar, tampilannya yang simple tapi tetap terlihat menarik, dan yang paling penting mudah untuk dioperasikan alias anti ribet. Jika sudah bosan dengan 1 playlist, kita juga mengecek playlist lain dengan kategori yang kia inginkan. Dan lagi, bisa melihat aktivitas teman-teman lainnya tentang lagu apa sih yang lagi digemari oleh teman-teman. Memang sih, aplikasinya berbayar, namun menurut saya hal ini sangat worth jika dibandingkan dengan semua fasilitas yang diberikannya. dan lagi, yang paling penting, dengan mendengarkan music pada aplikasi streaming online ini, kita juga mendukung dan membayar kerja keras mereka dalam menciptakan sebuah karya.

Setuju dengan pendapat teman-teman diatas, aplikasi streaming music memang dibuat dengan tujuan memudahkan orang-orang yang suka mendengarkan music secara mudah. Kalau sebelum banyak yang menggunakan wifi kan orang-orang mendownload lagu lalu membuat playlist secara manual atau terkadang sudah dikelompokkan berdasarkan genre atau penyanyi. Tapi sekarang cukup membuka suatu aplikasi online sudah disediakan banyak sekali lagu dari yang familiar sampai lagu yang belum pernah didengarkan, aplikasi lagu online juga up-to-date dimana jika ada lagu baru otomatis kita sudah bisa memutarnya lewat aplikasi, tidak hanya lagu tapi playlist juga sudah disediakan dan dikelompokkan berdasarkan mood atau cuaca atau yang lain, lagunya juga bisa didownload untuk diputar secara offline bagi yang tidak tersambung internet tapi ingin memutar lagu.

saya biasanya menggunakan aplikasi streaming musik Spotify untuk mendengarkan musik. Saya menggunakan aplikasi ini sudah lama dan menurut saya nyaman. Musik yang disediakan banyak dan beragam jadi saya bisa dengan mudah memilih musik sesuai keinginan saya. jika saya bosan mendengarkan musik saya bisa bisa ganti ke podcast. Tapi kalau mau menikmati semua layanannya harus berlangganan. Memang berlangganan adalah hal yang wajar karena aplikasi ini penyedia layanan streaming.

aku dulu menggunakan aplikasi Joox, tapi ketika ada spotify semuanya berubah. hehe aku tim Spotify, karena cara penggunaannya mudah di pahami dan kebetulan aku dapet aplikasi yang memang sudah tidak ada iklan didalamnya, jadi bebas deh.

iyap saya setuju dengan argumen diatas beberapa orang memilih aplikasi streaming musik karena tidak perlu capek-capek download lalu membuat playlist manual. Kalau saya pribadi streamnya pake youtube kwkw karena klo aplikasi stream musik harus premium atau banyak iklannya jadi saya males, dan ini yang menjadi kelebihan stream musik, bisa play dibelakang layar, tapi mungkin kekurangannya kita harus konek internet.

Kalau menurut saya sendiri, applikasi streaming musik sekarang sangat instan dan mudah untuk digunakan, banyak platform streaming musik sekarang disediakan ada yang gratis dan ada yang berbayar, dan banyak juga yang menyediakan dengan biaya murah. Saya sendiri pengguna applikasi streaming musik Apple Music, di applikasi ini kita dapat diberi fitur untuk settingan kualitas suara, seperti Dolby. Dan di Apple Music menyediakan video,radio, dan playlist internasional ataupun lokal yang sangat menarik