Mengapa saat berduka identik dengan pakaian hitam?

Kebiasaan memakai pakaian hitam saat berkabung sudah dianggap lazim oleh masyarakat. Tapi tahukah arti pakaian hitam tersebut dan berasal dari mana budaya memakai pakaian hitam saat berkabung?

Awalnya mengenakan pakaian hitam saat berkabung berasal dari Amerika Latin. Hal itu merupakan simbol rasa empati dan berbelasungkawa.

“Jadi itu hanya sebuah simbol yang dipakai oleh etnik di Amerika Latin,” Ujar Budayawan Yahya Andi Saputra ketika dihubungi merdeka.com, Rabu (30/9).

“Kita mengadopsi tidak apa-apa sebab artinya merasa berduka, simbol warna hitam itu artinya berbelasungkawa dan empati kita kepada orang tertimpa musibah,” paparnya.

Namun, kata Yahya simbol itu tidak semuanya dipakai, contohnya di Tiongkok. “Pada saat berduka di Tiongkok justru memakai pakaian berwarna putih,” ujarnya.

Sementara itu, jika dilihat dari sisi budaya Melayu warna hitam memiliki makna sakral, dan spiritual yang tinggi. Hal itu yang dijadikan alasan kenapa warna hitam yang dijadikan lambang dukacita dan ketabahan.

“Oleh karena itu simbol itu dianggap sesuatu yang sakral,” ujar Budayawan Fakrunnas MA Jabbar.

Menurutnya hal-hal mistik itu masih dianggap ada sampai sekarang. “Tidak hanya satu warna saja tapi masih banyak simbol yang lain masih dianggap gaib,” pungkas Fakrunnas.