Mengapa Radio Masih Bisa Bertahan Hingga Saat Ini?

Dari banyaknya persaingan media digital saat ini, seperti Podcast, Youtube, dll. Radio masih bisa bertahan hingga sekarang. Bahkan radio dulu diramalkan akan ditinggalkan pendengarnya setelah kemunculan TV. Namun, hal itu belum terbukti hingga saat ini.

Menurut data dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), jumlah pendengar radio mengalami peningkatan hingga 21% sejak 2017. Radio juga menjangkau 22,759 Juta orang per hari di 10 Kota dengan rata-rata mendengar sebanyak 120 Menit per hari atau lebih dari 2 jam. Dan hasil survei terbaru menunjukan bahwa jumlah pendengar pada tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 31% dari tahun sebelumnya.

Apakah kamu salah satu pendengar radio? Dan menurut Youdics, mengapa radio masih bisa eksis hingga saat ini?

Referensi

PRSSNI

Jaman sekarang, memang jaman yang serba canggih dan menarik. Banyak generasi muda sekarang lebih menyukai tontonan yang dapat mereka lihat wujudnya dan memang betul bahwa teknologi sekarang semakin asik dan sangat menyenangkan dalam mengaksesnya seperti youtube, dan lain-lain. Namun, siapa sih yang tidak kenal radio. Suatu teknologi yang lahir terlebihg dahulu ketimbang teknologi yang sekarang, dan berfiungsi untuk menyampaikan informasi berita serta hiburan yang dapat didengar oleh banyak orang. Memang di akui bahwa radio saat ini sudah kurang diminati, namun radio masih eksis sampai saat ini, menurut pendapat saya mengapa radio masih eksis sampai saat ini karena radio memiliki beberapa kelebihan daripada teknologi maju saat ini, seperti :

  1. Mudah diakses dan tidak membutuhkan biaya.
  2. Saat ramadhan, radio diklaim sebagai penanda maghrib dan imsak paling relevan, tak jarang ada mushola yang menjadikan radio sebagai penanda untuk memutar peringatan imsak.
  3. Selain itu, radio menjadi ajang promosi album yang murah, bahkan mungkin gratis. Musisi indie bisa mengirimkan lagunya ke radio dan bahkan bisa mengajukan untuk talkshow secara gratis.
1 Like

Pasang surutnya kondisi radio rupanya tak lantas membuat radio kehilangan pasarnya. Nyatanya, radio masih didengarkan banyak orang hingga kini. Dari segi musik, meski pun cara orang mendengarkan musik sudah banyak berubah, menurut Music Director Jak 101 FM, Ilham Fahri Utama, radio tetap bisa menjadi salah satu pilihan bagi pecinta musik. Radio menyajikan playlist yang terseleksi. Hal ini adalah keunggulan radio jika dibandingkan dengan mendengarkan musik lewat aplikasi streaming yang tengah disenangi.

Berikut beberapa alasan mengapa radio tetap disukai diantaranya:

  • Solusi di saat macet

Di kota-kota besar, kemacetan sudah menjadi hal yang lumrah. Biasanya, biar tidak bosen selama di jalan orang-orang sering mendengarkan radio. Selain gratis, radio juga tidak terlalu mengganggu fokus saat berkendara.

  • Gratis

Salah satu alasan kenapa radio masih eksis sampai sekarang adalah karena gratis dan bisa didengarkan di mana saja tanpa internet sekalipun. Jadi buat yang lagi hemat kuota bisa nyoba mendengarkan radio.

  • Bisa di mana saja dan informasinya up to date.

Alasan lain kenapa radio bisa eksis sampai sekarang adalah karena radio bisa didengerin di mana saja. Lewat smartphone pun bisa. Ketika pagi pas sarapan atau mungkin saat mengerjakan kerjaan. Dari radio juga mendapatkan informasi seperti titik kemacetan dan arus lalu lintas sebelum beraktivitas.