Mengapa plankton selalu berusaha menyuri resep krabby patty?

Plankton dan tuan krab merupakan ikon persaingan dalam cartoon series spongebob. Menurut anda mengapa plankton melakukan hal tersebut?

Cerita berawal ketika Mr. Krabs dan Plankton masih menjadi sahabat. Saat itu, terdapat seorang wanita paus bernama Karient Whale yang bersekolah di tempat yang sama dengan Plankton. Ini salah satu alasan mengapa Plankton itu genius.

Karient yang punya wajah cantik ternyata membuat Plankton terkagum-kagum. Untuk menunjukkan rasa cintanya, Plankton kemudian menciptakan sebuah robot mirip dengan paus Karient yang kemudian diberikan kepada Karient. Berkat hadiah tersebut, Karient akhirnya menerima cinta Plankton.
Plankton yang sangat bahagia, lalu memperkenalkan kekasihnya itu ke sahabatnya, Mr. Krabs. Saat Mr. Krabs pertama kali bertemu dengan Karient, suatu ingatan tiba-tiba muncul. Mr. Krabs menyadari jika Karient adalah gadis yang sempat menolongnya dengan memberikan uang satu Sen kepada Mr.Krabs saat ia sedang ingin membeli sekaleng minuman di panasnya pantai Go Lagoon.
Bahkan saking terpesonanya Mr. Krabs, ia tak rela kehilangan uang satu sen pemberian Karient hingga dengan cerdiknya mengikat satu Sen itu menggunakan tali agar ia dapat terus membeli kaleng minuman.
Ini merupakan awal dari jawaban kenapa anak Mr. Krabs ikan Paus. Dan juga pangkal permusuhan Mr. Krabs dan Plankton. Saat itu Mr. Krabs hanya bisa tersenyum jika wanita idamannya sewaktu kecil telah dimiliki oleh sahabatnya sendiri. Namun Mr. Krabs yang dilanda kegalauan, tak mau tinggal diam. Ia pun membuat sebuah rencana jahat untuk merebut Karient dari tangan Plankton.

Mr. Krabs membohongi Karient dengan cara menyebut jika robot paus yang diciptakan Plankton merupakan buatannya. Karient mulai percaya hingga ia memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Plankton. Tentu saja Plankton terkejut karena sahabatnya telah berani bercerita bohong demi memiliki kekasihnya. Di tengah kebimbangan antara memilih Plankton dan Mr. Krabs, Karient kemudian menceritakan suatu kisah yaitu tentang seorang koki terbaik di Bikini Bottom, seekor paus yang temyata adalah suaminya. Namun suaminya itu telah meninggal karena memakan racun dalam hidangan yang ia buat sendiri, dan meninggalkan Karient selama-lamanya dalam kondisi sedang hamil.

Racun yang digunakan oleh suami Karient merupakan formula kunci untuk menciptakan makanan lezat. Tapi, jika dosis dari racun itu sedikit saja lebih dari takaran seharusnya, akan membuat yang memakannya gemuk dan meledak.

Resep racun tersebut ternyata berasal dari seorang ilmuwan makanan yang menjadi gila bernama Paman Jenkins. Lalu resep itu dicuri Karient dan diubah sedikit bahan dasarnya.

Untuk mengenang suaminya, Karient pun membuat sebuah tantangan kepada Plankton dan Mr. Krabs. Barangsiapa yang berhasil menciptakan masakan lezat, maka dia berhak mendapatkan cinta Karient.

Plankton dan Mr. Krabs pun saling bereksperimen demi menciptakan makanan lezat dan nikmat. Kemudian Mr. Krabs teringat tentang sebuah resep yang diberikan paman Jenkins padanya. Ia pun memasukkan resep itu ke dalam sebuah kuali penuh daging dan jadilah Kraby Patties.

Karient yang mencicipi Kraby Patties buatan Mr. Krabs langsung bercucuran air mata. Ia teringat dengan masakan suaminya yang memiliki resep yang sama. Di saat Plankton gagal, Karient tanpa pikir panjang memilih Mr. Krabs sebagai tambatan hatinya.

Tentu saja Plankton sangat kecewa, dan bersumpah untuk membalas perbuatan Mr. Krabs. Segera ia juga menghancurkan robot paus yang ia buat untuk Karient dan pergi.

Karena itulah planton dendam dan berusaha menghancurkan usaha krab.

sumber : https://www.duniaku.net/2018/02/08/kenapa-anak-mr-krabs-ikan-paus/3/