Mengapa permukaan bola Golf terdapat cekungan-cekungan?

golf

Keunikan bola golf yang jarang diperhatikan orang adalah cekungan-cekungan di permukaannya. Sebenarnya, mengapa sih bola golf dibuat memiliki cekungan-cekungan?

Bola golf dibuat dengan cekungan karena cekungan tersebut meminimalkan gaya tahan atau gaya tarik pada bola golf. Saat bola golf dipukul bergerak melalui udara, energi yang ada pada bola golf tidak terkuras karena udara yang melewati bola golf akan cenderung melekat pada bola lebih lama tepatnya pada cekungan-cekungan yang ada. Hal ini memungkinkan bola golf untuk menjangkau jarak lebih jauh saat dipukul dibandingkan bola yang halus.

Sebuah bola golf terdapat 300 sampai 500 cekungan dengan kedalaman 0.01 inci. Dengan cekungan-cekungan tersebut bola golf dapat menjangkau jarak hingga 275 meter dibandingkan dengan bola yang permukaannya halus hanya dapat mencapai 65 meter. Jarak lebih jauh pun bisa dicapai dengan memberi efek backspin saat memukul bola golf, karena dapat mengurangi tekanan udara di bagian atas bola sehingga bola akan bergerak semakin meninggi.

Sumber:
sains.me