Mengapa perlu rutin melakukan exfoliation?

Hidup di negara beriklim tropis seperti Indonesia tidak sepenuhnya menjamin memiliki kulit yang halus dan lembap. Apalagi ditambah dengan tingginya polusi udara dan cuaca yang sering tidak menentu. Alhasil, kulit jadi cepat kering, bersisik, keriput, dan kusam. Ada banyak cara untuk mengatasi berbagai masalah kulit ini. Salah satunya adalah dengan exfoliation.

Pengelupasan kulit merupakan salah satu aspek perawatan kulit yang penting. Pada umumnya sel kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya dan berganti dengan sel kulit yang baru setiap 30 hari. Namun, faktor usia, polusi, pola makan buruk, dan iklim dapat mempercepat proses ini. Terlebih, proses pengelupasan sel kulit mati dapat terjadi secara tidak bersamaan. Hal ini menyebabkan kulit tampak belang dan kusam.

Parahnya lagi, pertumbuhan sel kulit baru akan semakin melambat seiring bertambahnya usia, dan ini tidak dapat dicegah. Itu sebabnya merawat kulit dengan lotion pelembap saja tidak akan cukup. Lotion yang biasa Anda gunakan harus melewati berbagai lapisan sel kulit mati untuk menembus bagian teratas kulit yaitu epidermis. Tapi berkat proses penuaan yang memperlambat regenerasi kulit, berapapun banyaknya lotion yang Anda pakai mungkin tidak akan berdampak banyak pada perbaikan kesehatan kulit.

Setelah exfoliation, baik dengan body scrub di rumah atau perawatan di dokter kulit, kulit Anda akan terasa ringan dan halus. Produk perawatan wajah yang mengandung exfoliator bertujuan untuk membuat proses pengelupasan kulit terjadi secara bersamaan sehingga kulit tampak bersih dan bercahaya.

Sumber: