Mengapa Perlu Mematikan Ponsel di Pesawat Terbang?

Mengapa Perlu Mematikan Ponsel di Pesawat Terbang

Kamu yang sering bepergian di pesawat terbang pasti sering mendengar peringatan untuk mematikan ponsel. Sebenarnya kenapa kita tidak boleh menyalakan ponsel di pesawat terbang?

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa pesawat yang sedang terbang sesungguhnya melakukan komunikasi. Komunikasi tersebut dilakukan terhadap stasiun yang ada di darat dan juga pesawat yang lain.

Komunikasi tersebut digunakan untuk mengetahui posisi pesawat tersebut, lalu lintas pesawat di sekitarnya, dan masih banyak lagi.

Yang jelas, komunikasi tersebut digunakan untuk mengatur jalannya pesawat dan keamanannya. Komunikasi tersebut dilakukan dengan gelombang radio.

Sementara itu ponsel kita juga bekerja menggunakan gelombang radio. Ponsel memancarkan dan menerima gelombang ke dan dari menara pemancar terdekat atau yang lebih dikenal sebagai BTS (Base Transceiver Station).

Nah, di sinilah letak bahayanya. Ada kemungkinan frekuensi yang digunakan oleh ponsel kita ini sama dengan frekuensi yang digunakan oleh pesawat kita untuk berkomunikasi.

Jika ini terjadi, timbullah interferensi, atau gangguan sinyal dikarenakan sinyal lain yang frekuensinya sama atau berdekatan.

Jika hal ini terjadi, otomatis komunikasi pesawat akan terganggu. Bisa saja informasi yang diterima oleh pesawat menjadi samar dan berbeda dengan apa yang dikirimkan.

Tentu saja hal ini dapat mengganggu jalannya pesawat, bahkan mungkin dapat mengganggu keamanannya.

Sebenarnya peluang kecelakaan akibat sinyal ponsel ini memang cukup kecil. Akan tetapi, tidak ada salahnya kan kita mencegah hal itu terjadi.

Bagaimanapun juga, gangguan yang diakibatkan sinyal ponsel terhadap sinyal komunikasi pesawat akan berpengaruh pada jalannya penerbangan. Jadi, jangan bandel ya saat diminta mematikan ponsel selama penerbangan.

Sumber : http://sains.me/mengapa-perlu-mematikan-ponsel-di-pesawat-terbang/