Mengapa peran seorang manajer pemasaran sangat menentukan keberhasilan suatu produk?

Tugas manajer pemasaran secara umum adalah bertujuan untuk memastikan bahwa keinginan dari pelanggan terakomodir oleh perusahaan. Sehingga hal tersebut menciptakan profit bagi perusahaan dan mendapatkan pencapaian yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Mengapa peran seorang manajer pemasaran sangat menentukan keberhasilan suatu produk? Bagaimana indikator keberhasilan yang harus dicapai?

Setiap perusahaan pasti melakukan proses pemasaran. Proses inilah yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen. Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Fokus kegiatan ini adalah konsumen dan pelayanan konsumen diperhatikan sebaik mungkin demi mencapai keberhasilan pemasaran tersebut. Sebagian pengusaha menganggap pemasaran adalah bagaimana produk dapat terjual dan pengusaha bisa mendapatkan untung yang cukup banyak. Padahal di era persaingan pasar yang cukup ketat, pemasaran bukan sekedar menjual produk, namun apa nilai tambah yang bisa diberikan kepada masyarakat dari produk atau jasa yang kita berikan.

Peranan manajer

Bagian pemasaran dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Bidang pemasaran dituntut untuk memuaskan konsumen dimana konsumen merupakan sumber keuntungan perusahaan. Oleh karena itu tugas manajer pemasaran disini harus merealisasikan tujuan dari manajemen pemasaran. Manajer pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam rangka peningkatan profit perusahaan. Diantara tugas manajer pemasaran yaitu selalu harus dapat menganalisis kesempatan kedepan, membuat rumusan dan melaksanakan kegiatan yang dimaksudkan untuk mencapai sasaran yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Pada dasarnya tugas, tanggung jawab, wewenang maupun kualifikaisi yang diperlukan oleh manajer pemasaran berkaitan dengan kemampuan komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak.Pihak-pihak tersebut dapat berasal dari internal maupun eksternal perusahaan seperti pelanggan, wartawan, suplier, dll. Menjadi manajer pemasaran memang akan berurusan dengan berbagai hal. Karenanya tidak semua orang dapat mengemban posisi sebagai manajer pemasaran

Secara umum,posisi sebagai manajer pemasaran biasanya dipegang oleh seseorang yang pada periode sebelumnya berada di bawah komando manajer pemasaran sebelumnya.Pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman melaksanakan tugas pemasaran menjadi sangat fundamental oleh calon manajer pemasaran berikutnya. Tidak khayal manajer pemasaran biasanya memperoleh gaji atau bonus yang lebih besar dari manajer di bidang lainnya. Hal ini disebabkan tugas manajer pemasaran yang memang sangatlah berat. Strategi pemasaran sebisa mungkin juga bisa mengunggulinya. Tetapi, tentu saja mengungguli pesaing ini harus dilakukan dengan cara yang sehat. Kreatifitas harus terus digali dan ide segar harus terus dihasilkan. Sehingga, selain produk dikenal lebih unggul, sebagai manajer pemasaran pun akan dikenal sebagai orang yang kompeten. Analisa juga akan manajer pemasaran lakukan terhadap laporan para staff atau bawahannya. Dalam menganalisa tentu butuh ketelitian.

pemasaran

Indikator suatu keberhasilan

1. Brand Awareness
Suatu merek/ produk apabila semakin dikenal oleh konsumen, maka merek/ produk itu sudah kuat awarenesnya. Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan wawancara langsung kepada konsumen dan calon konsumen di suatu wilayah. Pertanyaannya cukup mudah, yaitu tanyakan merek/ produk yang mereka sukai. Semakin banyak yang mengenal dan tertarik, berarti strategi dan program marketing berhasil.
Cara yang lain yaitu melakukan penelitian brand awareness. Salah satunya dengan pengisian daftar pertanyaan yang telah disusun untuk mengidentifikasi pengetahuan pelanggan dan calon pelanggan terhadap produk tersebut.

2. Market Share
Mudahnya, market share adalah seberapa besar nilai penjualan produk perusahaan dibandingkan total nilai penjualan produk sejenis dipasaran. Semakin tinggi market share semakin bagus, artinya perusahaan mampu meningkatkan jumlah pengguna produk perusahaan di pasaran. Semisal produk Anda bernama XYZ. Maka salah satu cara untuk melihat market sharenya adalah dari hasil penjualan produk XYZ di sebuah toko dan dibandingkan dengan total produk sejenis XYZ ini di toko yang sama.

3. Customer Satisfaction
Kepuasan pelanggan sangat penting karena apa sih sebenarnya tujuan kita membuat sebuat produk? Tentunya kepuasan pelanggan, puncak dari customer satisfaction adalah loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas biasanya akan melakukan pembelian ulang dan semakin loyal. Strategi dan program marketing yang berhasil akan mendorong peningkatan kepuasan pelanggan. Semakin tinggi kepuasan pelanggan, maka semakin baik bagi perusahaan.

4. Image
Strategi dan program marketing yang berhasil mampu meningkatkan image perusahaan yang sesuai dengan positioning yang ditanamkan secara terus-menerus dibenak konsumen. Kalau ternyata produk kita dipersepsikan berbeda oleh konsumen, berarti saatnya kita melakukan dua pilihan: merelakan produk seperti image publik, atau “paksa” publik mengetahui image produk dengan benar.

5. Coverage
Wilayah pemasaran dan distribusi yang semakin luas serta merata sesuai dengan rencana dan target pemasaran adalah indikator keberhasilan strategy dan program pemasaran perusahaan. Di sinilah sinergi dan saling komunikasi antara Sales dan Marketing.

Notes : Produk merupakan objek dalam pemasaran. Terjualnya produk inilah yang akan memberikan penghasilan dan selanjutnya menentukan keuntungan perusahaan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. Kualitas produk harus sangat diperhatikan dalam proses pemasaran ini. Kualitas produk akan mempengaruhi daya tarik konsumen, sehingga besar pengaruhnya di dalam pemasaran.

http://jurnalmanajemen.com/tugas-manajer-pemasaran/