Mengapa penyakit diare pada kelinci lebih sering menyerang kelinci yang masih muda?

Kelinci

Kelinci yang menderita penyakit mencret atau diare dapat sembuh dengan mudah tetapi dapat juga mati, apabila kita tidak melakukan tindakan pengobatan dengan segera. Mengapa penyakit diare pada kelinci lebih sering menyerang kelinci yang masih muda? Apa saja yang harus dilakukan?

Jika kelinci berumur kurang dari 8 minggu, dan tidak mendapatkan susu dari induknya, masalah ini adalah karena ia masih membutuhkan susu induknya dan terlalu muda untuk dipisahkan dari susu induknya. Kebanyakan dari toko hewan peliharaan menjual kelinci muda yang berusia kurang dari 8 minggu dan bahkan kadang - kadang kurang dari 4 minggu, karena pada usia semuda itu anak kelinci terlihat sangat lucu dan dapat menarik pembeli untuk membelinya. Sayangnya banyak diantara kelinci yang masih kecil ini akan mati karena masalah diare. Pada usia ini anak kelinci memang sudah pandai makan sendiri dan minum sendiri. Walau bagaimanapun sistem pencernaannya yang masih muda, ini masih membutuhkan susu induknya dan juga cecal yang dihasilkan oleh induk betinanya untuk menyeimbangkan PH didalam perut muda yang menerima makanan padat, dan masalah diare tidak terjadi. Jika masalah ini terjadi, segera dapatkan perawatan untuk kelinci peliharaan kita. Jangan dibiarkan masalah ini berkelanjutan. Ini adalah karena jika diare berlanjut kelinci akan menjadi lemah dan dapat terjadi kematian.

Hal yang harus dilakukan yaitu segera dapatkan pengobatan. Berikan Hay sebagai 100% makanan saat ini dan jika kelinci masih mampu untuk makan. Hindari memberi makanan yang mengandung karborhidrat yang tinggi, seperti: pellet tinggi protein, buah - buahan tinggi gula dan Grains. Penting untuk memastikan ternak kelinci yang mengalami penyakit diare ini dalam kondisi bersih dan nyaman. Bersihkan bagian punggung yang terkena kotoran untuk memastikan ia tidak berbau yang dapat mengundang serangga seperti lalat menganggu. Jika terlalu kotor dan berbau, bersihkan bagian yang kotor saja dengan air tidak harus memandikan kelinci seluruh tubuhnya. Pastikan kelinci tersebut minum banyak air yang bersih, ini untuk menghindari kelinci dehidrasi atau kita dapat mencoba mencampur Ort seperti dibawah dan diberi berkelanjutan untuk kelinci sehingga pulih dengan meletakannya didalam mangkuk minuman atau menyuapnya memakai Syringe. Berikan Ort untuk kelinci sesering mungkin, sehingga kelinci pulih dari penyakit diarenya. Berikan kelinci hay dan juga sedikit Rolled Oats bukan yang cepat (hanya sesendok kecil) jika ada. Pastikan juga kelinci makan sedikit sayuran yang dipuri atau makanan bayi yang dijual dipasar juga turut membantu, dengan mengunakan Syringe suapkan makanan tersebut dalam jumlah sedikit tapi sering.