Mengapa penting untuk selalu mencari pengalaman baru ?

berpikir_kritis

(Nurina Ayuningtyas) #1

image

“There are three kinds of men. The ones that learn by readin’. The few who learn by observation. The rest of them have to pee on the electric fence for themselves.”Will Rogers

Pengalaman, sesuatu yang terkadang pahit untuk dirasakan tapi sangat dibutuhkan pada akhirnya. Sebenarnya apa arti dari pengalaman itu sendiri?

Pengalaman adalah pengetahuan atau penguasaan seseorang akan suatu subjek yang ia dapat dari keterlibatannya akan sesuatu. Mencari pengalaman baru berarti kita berusaha untuk mencari pengetahuan tentang sesuatu dengan cara terjun langsung dan menghadapinya bukan membaca panduan atau mendengar cerita orang lain.

Karena ada beberapa hal yang harus kita rasakan sendiri untuk benar-benar mengerti maknanya, dan menjadi ilmu untuk masa yang akan datang.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendapat pengalaman baru:

  1. Jangan terlalu banyak menimbang-nimbang
    Sering sekali seseorang tidak jadi melakukan sesuatu karena ia terlalu banyak berpikir tentang apa yang akan terjadi setelahnya. Jika kita berpikir terlalu lama tentang sesuatu akan muncul pikiran-pikiran negatif seperti “oh saya tidak bisa melakukan itu”. Kita adalah apa yang kita pikirkan.

  2. Manfaatkan setiap kesempatan
    Kesempatan datang dalam banyak bentuk, dan terkadang bentuknya sangat abstrak sehingga tidak terlihat seperti sebuah kesempatan. Kita harus menjadi pribadi yang peka dengan adanya kesempatan-kesempatan di lingkungan sekitar. Kesempatan yang kita ambil, walaupun pada akhirnya merupakan sesuatu yang tidak cocok bagi kita akan menjadi pengalaman yang dapat dijadikan pelajaran di masa depan.

  3. Rayakan kesalahan
    Ada kalanya di saat hal-hal baru yang kita coba tidak sesuai dengan ekspetasi, maka jangan merisaukan hal tersebut dan berpikir bahwa kita telah membuang-buang waktu. Berbahagialah bahwa kita telah menemukan kesalahan yang dapat dipelajari dan sekaligus dihindari di masa yang akan datang.

  4. Sebarkan pengalaman
    Diskusikan pengalaman kita dengan orang-orang sekitar, tentu saja dengan memilih mana sekiranya orang yang tepat untuk kita membicarakan pengalaman tersebut. Dengan begini, hubungan akan semakin erat dan wawasan kita pun akan semakin bertambah karena kita dapat melihat pengalaman tersebut dari perspektif orang lain.

  5. Buatlah Jurnal
    Abadikan segala hal-hal baru yang kita alami di sebuah jurnal atau blog. Dengan begini kita bisa dengan mudah melihat dan mengkoreksi pengalaman-pengalaman tersebut. Kita juga dapat mengetahui sejauh mana diri kita telah berkembang dengan jurnal tersebut.

Mengapa mencari pengalaman baru sangat penting bagi kepemimpinan seseorang?

Sebuah pengalaman membentuk pribadi dan pola pikir kita juga bagaimana cara kita melihat dunia. Kekuatan sebuah pengalaman untuk membentuk pola pikir dan perspektif pemimpin sangatlah besar, pengalaman mempengaruhi pemimpin dalam mengambil keputusan juga dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Tokoh dunia yang terkenal dengan pribadinya yang sering mencoba pengalaman baru adalah Jared Leto yang sering dikenal sebagai vokalis dan founder dari band 30 Seconds to Mars. Dia juga adalah seorang aktor, penulis lagu, sutradara film, dan enterpreneur.

Salah satu startup yang telah didirikannya adalah Vyrt, yaitu sebuah platform bagi artis untuk menjual kontennya secara digital dan juga mempunyai fitur chatting sosial, sehingga sang artis dapat berkomunikasi langsung dengan para penggemarnya. Tidak hanya itu ia juga mempunyai investasi di berbagai perusahaan seperti Uber, Spotify, AirBnb, Stripes, Zenefits dan masih banyak lagi.

Jared Leto adalah salah satu artis yang sukses di ketiga bidang yang ia tekuni yakni industri film, musik dan di teknologi informasi. Jared pernah berkata di suatu interview bahwa pengalamannya sebagai seorang musisi yang mengharuskan dia keliling dunia untuk melakukan tour konsernya memberikannya banyak inspirasi untuk perannya sebagai Rayon di film Dallas Buyers Club yang menyebabkan dirinya berhasil menyabet piala Oscar pada tahun 2014.

Pengalamannya yang pernah dituntut sebesar 30 juta dollar oleh label musiknya sendiri juga lah yang telah menginspirasi dia membuat sebuah film berjudul Artifact dan album This is War yang mendapat banyak penghargaan serta membangun startup Vyrt sebagai platform untuk menyebarkan karya musisi tanpa memerlukan label musik sebagai fasilitatornya.

Pada dasarnya, bagaimana pengalaman mempengaruhi seseorang itu tergantung dari responnya terhadap pengalaman tersebut. Sebuah pengalaman bisa saja tidak dapat membawa perubahan apa-apa pada seseorang atau yang lebih parah malah membawa dampak buruk.

Jadilah seseorang yang berpikiran terbuka dan lihatlah segala situasi dari berbagai sudut pandang. Ambilah hikmah dari segala pengalaman dan buanglah hal buruk yang dapat merusak pribadi kita.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi