© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa pelanggan masih menjadi faktor yang utama dalam dunia startup ?

pelanggan

Pelanggan adalah individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi.

Mengapa pelanggan masih menjadi yang utama?

Sebelum ada internet, pelanggan memiliki kekuatan yang relatif kecil. Mereka hanya bergantung pada produk dan layanan di area lokal. Mereka dapat mengumpulkan informasi tentang perusahaan atau produk mereka dari agen penjualan, perkataan dari mulut ke mulut atau media setempat. Saat ini, sebagian besar pelanggan telah memiliki internet sehingga pembeli produk dari belahan dunia manapun dapat membeli.

Internet juga digunakan untuk mencari tahu tentang organisasi dari berbagai sumber, mereka dapat membaca ulasan dari ratusan orang lain yang membeli produk tersebut, sehingga mereka tahu persis perusahaan mana yang harus dihindari ketika ingin membeli. Oleh karena itu, setiap bisnis yang memiliki opini pelanggan di pihak mereka memiliki keunggulan dibandingkan mereka yang tidak.

Terdapat lima alasan utama mengapa bisnis harus peduli tentang apa yang pelanggan pikirkan tentang mereka :

  • Pelanggan menghasilkan keuntungan
    Aset fisik, harga saham, pangsa pasar, aset likuid, dan semua entri lain di neraca adalah hasil dari pelanggan yang menghabiskan uang mereka pada suatu produk.

  • Kebutuhan pelanggan memberikan keunggulan kompetitif
    Memahami kebutuhan pelanggan yang tidak dipenuhi oleh perusahaan lain memberikan keuntungan di atas yang lain. Ini akan menciptakan segmen pasar baru dan memberikan kesempatan untuk memperluas portofolio produk dan memperkuat posisi kompetitif. Mengenal pelanggan, gaya hidup mereka, dan apa yang mereka cari dalam suatu produk dapat membuka banyak ide bagus untuk produk baru.

  • Pelanggan baru lebih mahal daripada pelanggan yang sudah ada
    Mendapatkan pelanggan baru membutuhkan banyak upaya periklanan dan pemasaran untuk tidak hanya membuat mereka sadar tentang suatu merek.

  • Keterlibatan pelanggan dalam NPD
    Kreativitas dalam tim pengembangan produk adalah kunci, tetapi menciptakan sesuatu yang tidak perlu atau terlalu rumit untuk dicoba dan diadopsi oleh pengguna akan menyia-nyiakan waktu dan uang.

  • Jadilah yang terdepan dari pelanggan Anda
    Kebutuhan pelanggan, ekonomi dan pasar adalah entitas yang dinamis, menemukan tanda-tanda awal ketidakpuasan dan memperbaiki masalah sebelum menyebar ke sebagian besar pelanggan dan dapat memperbesar masalah.