Mengapa Orisinalitas adalah karakteristik dari manajer produk yang sangat penting?

Manajer produk bertugas meng-evaluasi ide-ide produk yang ada dan menentukan ide-ide mana yang pantas untuk diambil dan mana yang tidak. Dalam keputusan untuk mengambil dan menentukan produk mana yang akan dibuat atau diproduksi suatu perusahaan atau organisasi diperlukan perencanaan yang matang tentunya. Untuk itu pemikiran sebuah produk yang orisinil juga sangat penting, mengapa hal ini menjadi suatu karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang manajer produk?

Menurut pendapat saya, orisinalitas memang sangatlah penting bagi seorang manajer produk. Benar apa yang telah disampaikan diatas bahwa manjer produk sebelum melakukan proses produksi, bertugas untuk menentukan bagaimana produk yang akan dibuat, Evaluasi ide dari produk dan menambahkan fitur-fitur yang diperlukan untuk menambah value dari produk tersebut. Dari beberapa karakteristik dari seorang manajer produk orisinalitas merupakan hal yang sangat penting agar produk tersebut dapat terus terjual dan tidak diklaim oleh orang lain. Dari sisi keamanan seperti yang ada pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 mengenai Hak Cipta dimana UU ini sangat melindungi setiap ciptaan, dimana hak atas karya cipta sudah melekat pada hasil karya begitu ia diciptakan. Sehingga tidak perlu lagi didaftarkan seperti UU sebelumnya. Hanya masalah pembuktian saja jika ada pelanggaran hukum.

Hak Cipta berlaku pada ciptaan yang sudah dipublikasikan maupun belum/tidak dipublikasikan, dalam bentuk dan media apapun, termasuk bentuk dan media elektronik, dan ini artinya termasuk situs web.
Pelanggaran hak cipta digolongkan sebagai tindak pidana, bukan lagi perdata. Sehingga dia bukan lagi memerlukan aduan yg harus menunggu laporan seseorang yang sedang dirugikan. Maka dalam hal ini seorang manajer produk harus berhati-hati menentukan orisinalitas produk yang akan diproduksi sebuah perusahaan.