Mengapa Operasi Hardtrack dilakukan?

image

Operasi hardtack merupakan sebuah serangkaian 35 tes nuklir yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada tahun 1958. Operasi ini dilakukan di ketinggian dan di dalam air. Operasi pada lokasi tinggi dilakukan di tempat tes Nevada sementara yang di kedalaman air dilakukan di Samudera Pasifik. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai operasi nuklir ini? Apakah ada yang tau tujuannya?

Berdasarkan yang pernah saya baca, kabarnya tujuan utama dari operasi dalam air ini adalah untuk mengetahui efek ledakan dalam air terhadap kapal perang. Dua buah bom yang bernama Wahoo dan Umbrella diledakkan di dasar Samudera Pasifik, tepatnya di dekat atoll Enewetak yang merupakan area yang berisi sekumpulan 40 pulau kecil di kepulauan Pasifik. Nuklir tersebut menimbulkan ledakan raksasa yang membuat air menyembur hingga beberapa meter ke udara.

Kabarnya, tes tersebut juga menyebarkan radiasi yang mencemari udara, air, dan merusak kehidupan laut di sekitar area. Bahkan pulau-pulau yang berada di dekat lokasi ledakan dan dihuni oleh 800 orang penduduk juga harus merasakan efek akibat radiasi. Kemudian pada sekitar tahun 1980an, Amerika membangun sebuah bangunan beton di pulau tersebut untuk membuang tanah dan reruntuhan yang mengandung radiasi.

1 Like