Mengapa obat sariawan Albothyl di tarik dari pasar?

Mengapa obat sariawan Albothyl di tarik dari pasar? apakah ada kandungan dari obat tersebut yang berbahaya bagi manusia?

5 Fakta soal Bahaya Albothyl yang Viral di Media Sosial, Ini Penjelasan Dokter hingga Perusahaan

  1. Dokter gigi beberkan bahaya penggunaan Albothyl
    Dilansir dari TribunMedan, seorang dokter gigi, Widya Apsari, sejak tahun 2014 sudah membeberkan tentang bahaya penggunaan Albothyl di akun Twitter-nya.
    Widya merasa harus mengungkapkan pengetahuannya tentang Albothyl karena produk ini sangat gencar dalam melakukan promosi.

  2. Cerita seorang pasien yang meninggal
    Widya menceritakan tentang seorang pasien yang telah meninggal akibat kanker parah di bagian mulutnya. Pasien berusia 32 tahun itu awalnya mengeluh sariawan di bibir dalam. Diteteskanlah obat Albothyl. Alhasil sariawannya membesar dan harus dibawa ke instalasi gawat darurat. Setelah dirawat 3 hari di rumah sakit, bengkak di bibir berkurang, namun luka sariawannya makin membesar dan bahkan sampai membentuk lubang.

  3. Penjelasan lebih lanjut
    Dalam tulisannya di Kompasiana, Widya menyebut, policresulen adalah suatu polymolecular organic acid, yang memiliki efek hemostatik atau menghentikan pendarahan, membentuk jaringan nekrotik (jaringan yang mati) dan merangsang pembentukan jaringan baru.

  4. Kata PT Pharos
    Dikutip dari Tribunnews, PT Pharos akhirnya angkat bicara terkait surat BPOM tentang Albothyl yang beredar di media sosial. Manager PT Pharos Imawan mengatakan, BPOM hanya memberikan peringatan bagi masyarakat supaya hati-hati saat memakai Albothyl ketika mengatasi sariawan.
    “Sebenarnya, pemakaian Albothyl untuk sariawan diperbolehkan dan tidak berbahaya, namun dipakainya dengan cara diencerkan terlebih dahulu. Karena kandungan policresulen hanya sedikit,” ujar Imawan, Kamis (15/2/2018).

  5. Hanya untuk organ intim
    mawan menambahkan, pemakaian obat ini hanya untuk area intim wanita lebih tepatnya. Karena kandungan policresulen bisa digunakan untuk mengobati segala jenis penyakit kulit, kecuali bagi penderita kanker. Albothyl bisa digunakan untuk obat luar saja untuk mengatasi kulit yang mengalami kerusakan sel dan menyebabkan radang. Sebab, obat ini diindikasikan untuk mengobati kerusakan sel atau sel yang mati.

Sumber : Mengapa albothy ditarik