Mengapa negara 'kecil' tapi Kaya Sedangkan Negara 'besar' tapi Miskin?

Ketahanan Pangan

Kenapa negara yang memiliki batas wilayah yang sempit cenderung mudah untuk menyandang sebagai negara maju?, (saya ambil contoh negara tetangga seperti Singapura). Sebaliknya, kenapa negara-negara seperti Indonesia yang memiliki SDA yang melimpah cenderung merupakan negara berkembang?,

Bagaimana pendapat teman-teman?

1 Like

Menurut saya, negara maju dan negara berkembang dipengaruhi oleh faktor penjajah dulu, dimana banyak penelitian yang menyebutkan bahwa negara bekas jajahan Inggris lebih mudah bangkit dan maju dibandingkan bekas jajahan negara lain. Akan tetapi masih belum jelas adakah faktor lain yang menyebabkan hal ini terjadi.

Seperti halnya Singapura yang menjadi bekas jajahan Inggris, diman negara kecil ini dapat dengan mudah menjadi negara maju. Jumlah penduduk yang besar di satu sisi menjadi asset pembangunan jika penduduknya berkualitas, namun di sisi lain, jumlah penduduk yang besar akan menjadi beban negara apabila penduduknya memiliki SDA yang rendah

Dilain sisi, wilayah Singapura masuk dalam jalur perdagangan Internasional Asia-Eropa. Hal ini juga berlaku pada negara tetangga seperti Malaysia, dan Brunei Darussalam, Sebenarnya Indonesia juga termasuk, akan tetapi karena tertinggal jauh dari kata maju, menyebabkan Singapura melaju pesat.

Singapura termasuk negara yang terbuka dengan dunia luar, hal ini menyebabkan banyak investor asing yang menanamkan di negara tersebut,

Sebuah negara dengan batas wilayah yang luas akan tetapi tidak bisa memanfaatkan dan dengan SDA yang rendah akan sulit untuk maju.

Referensi

M. Kosim. (2010). Balajar dari Negara Tetangga, Catatan Wisata Ilmiah ke Singapura. STAIN.

2 Likes

Topik ini pernah dibahas sama dosen ku di kelas tapi beliau kasih contoh korea selatan yang mana luasnya lebih kecil dari indonesia. nah karena di korea tanahnya itu tidak mudah ditumbuhi oleh tanaman sehingga mereka giat bekerja, etos kerjanya pun bagus. mereka lebih berkembang di bidang teknologi.

Ada lagu kolam susu dari koes plus yang liriknya menjelaskan indonesia itu begitu kaya akan sumber daya alam sehingga kita tidak perlu bekerja “terlalu” keras untuk makan. “kail dan jala cukup menghidupimu”

1 Like

Jadi bisa disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang malas untuk maju karena masih nyaman berada di zona aman?, sehingga perkembangan negeri ini bisa dibilang lambat dibandingkan negara-negara tetangga… begitukah?

Hal tsb terletak pada perkembangan teknologi dan pemanfaatan sumber daya alam dan manusia, negara2 kecil yg maju bisa terjadi karna negara tsb sudah memanfaatkan tenologi secara optimal, serta sumber daya alam dimanfaatkan sedemikian rupa walaupun jumlahnya sedikit, sumber tenaga manusianya pun difasilitasi dan didukung oleh pemerintah setempat, sementara negara indonesia, masih banyak sekali orang-orang cerdas yang memilih pergi ke luar negri karna tidak difasilitasi dalam hal pendidikan maupun ilmu pengetahuan terutama dalam bidang sains dan teknologi

2 Likes