Mengapa mulut kering dapat mempengaruhi kesehatan gigi?

Gigi adalah organ sistem pencernaan yang terletak di dalam rongga mulut. Gigi termasuk alat pencernaan mekanik karena berfungsi untuk memotong, merobek, dan mengunyah makanan sebelum makanan tersebut masuk ke bagian pencernaan selanjutnya. Gigi memiliki struktur padat dan keras untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Kondisi yang terjadi saat kelenjar ludah di mulut anda tidak menghasilkan cukup air liur. Ini menyebabkan rasa kering di mulut anda. Bisa juga menimbulkan gejala lain, seperti lidah kasar, mulut, dan bibir pecah-pecah. Air liur adalah bagian penting dari proses pencernaan. Liur membantu melembabkan dan memecah makanan, juga bekerja sebagai mekanisme pertahanan utama untuk membantu tubuh anda menjaga kesehatan gigi yang baik, melindungi mulut anda terhadap penyakit gusi dan kerusakan gigi.
Mulut kering bukanlah kondisi medis yang serius tersendiri. Tapi kadang-kadang merupakan gejala masalah medis lain yang mendasari permasalahan yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Hal ini juga dapat menyebabkan komplikasi, seperti kerusakan gigi.
Banyak hal yang bisa menyebabkan mulut kering. Hal ini sering diakibatkan oleh dehidrasi. Dehidrasi terjadi saat tubuh anda kehilangan cairan lebih banyak daripada yang anda minum. Penyebab paling umum kehilangan air dari tubuh adalah berkeringat berlebihan.

Sumber: https://globalestetik.com/penyebab-dibalik-mulut-kering/