Mengapa Menjaga Kesehatan Mental itu Sangat Penting?

1587783002128

Dapat kita ketahui bahwa kesehatan mental adalah sesuatu yang memang sangat penting untuk kita perhatikan.

Kesehatan mental mencakup beberapa hal seperti kenyamanan emosional, psikologi dan hubungan sosial. Ketiga aspek tersebut dapat mempengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan dan bertindak. Selain itu juga mempengaruhi cara mengatasi stres, menjalani hubungan dengan orang lain dan membuat keputusan. Kesehatan mental merupakan hal yang penting mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Menjaga kesehatan mental itu sangat penting karena ternyata ada beberapa aspek yang mempengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang contohnya stres. Stres adalah salah satu penyebab yang sering dikaitkan pada seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental, jadi kita harus menjaga kesehatan mental kita supaya kondisi dan kesehatan mental kita tetap normal atau terjaga, kerena kesatan dalah hal yang berharga untuk dijaga terutama kesahatan mental.

“Kesehatan yang baik bukanlah sesuatu yang dapat kita beli. Namun, sesuatu yang dapat menjadi tabungan yang sangat berharga.”

Kita juga dapat mempraktikkan cara meningkatkan mesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan:

  1. Melakukan perawatan diri
    Meditasi, yoga, dan olahraga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Namun, tak hanya itu saja. Anda juga bisa meningkatkan kesejahteraan emosional Anda dengan cara lain.

  2. Mengatakan sesuatu yang positif
    Penelitian menunjukkan, cara Anda berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki pengaruh yang kuat terhadap perasaan. Apa yang Anda pikirkan bisa benar-benar terjadi dalam hidup. Untuk itu, mulailah untuk mengelola pikiran, mulai dari memberikan diri sendiri motivasi dengan kata-kata positif.

  3. Luangkan waktu untuk kekhawatiran
    Setiap orang tentu punya kekhawatiran akan hal tertentu. Namun, daripada cemas sepanjang waktu, luangkan waktu untuk memikirkan masalah Anda.

  4. Melakukan sesuatu untuk orang lain
    Membantu orang lain memiliki efek yang menguntungkan perasaan Anda tentang diri sendiri.Membantu, bersikap ramah, dan menghargai apa yang Anda lakukan adalah cara yang bagus untuk membangun harga diri. Makna yang Anda temukan dalam membantu orang lain akan memperkaya dan memperluas hidup.

  5. Kelilingi diri dengan orang yang positif
    Demi kesehatan mental, pilih lah orang yang ada di sekitar. Pilihlah orang-orang yang positif, selalu mendukung apa yang Anda lakukan, dan mereka yang bisa membuat Anda lebih bahagia.

  6. Sering-seringlah tertawa
    Kata psikolog klinis Steven M. Sultanoff PhD, tertawa dapat memiliki banyak dampak kesehatan seperti mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  7. Istirahat
    Pada saat pekerjaan begitu banyak, belum lagi urusan keluarga, persoalan pribadi, dan aneka kegiatan yang membuat Anda sangat sibuk, tetaplah luangkan waktu untuk istirahat.

  8. Belajar hadapi stres
    Stres bisa datang kapan saja. Bila Anda sudah mulai merasakannya, segera lakukan cara-cara untuk mengatasi stres. Bisa dengan melakukan hobi, olahraga, bermain dengan hewan peliharaan, menulis jurnal, curhat kepada teman, atau melakukan relaksasi.

WHO juga menyebutkan bahwa terdapat beberapa kriteria orang yang sehat secara jiwa dan mental, antara lain:

  1. mampu menyesuaikan diri dengan baik pada kenyataan
  2. adanya kepuasan dalam diri, baik kepuasan atas usaha atau memberi sesuatu
  3. adanya hubungan antar manusia, seperti sikap saling tolong-menolong
  4. introspeksi diri
  5. menyelesaikan permusuhan secara kreatif dan konstruktif
  6. mempunyai rasa kasih sayang.

Dari pernyataan yang sudah diuraikan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa dalam sebuah kehidupan, seseorang tidak hanya membutuhkan kesehatan jasmaniah saja untuk memenuhi kebutuhan fisiknya seperti makan, minum, dan olahraga. Tetapi juga yang tak kalah penting adalah kesehatan mental yang berguna untuk memenuhi kebutuhan kebahagiaan dan ketenangan dalam kehidupan seseorang, itulah sebabnya kita harus menjaga kesehatan mental kita.

Referensi :