Mengapa menganalisis sebuah data itu penting ?

Data

Data adalah kumpulan dari beberapa fakta. Data akan menghasilkan suatu kesimpulan dalam suatu keputusan. sedangkan analisis yaitu suatu kegiatan memecah-mecah data atau menguraikan data menjadi bentuk yang lebih kecil sehingga dapat dengan mudah dipahami.

Mengapa menganalisis sebuah data itu penting ?

Analisis data adalah proses pemeriksaan, pembersihan, transformasi, dan pemodelan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang bermanfaat, menunjukkan kesimpulan, dan mendukung pengambilan keputusan. Analisis data memiliki banyak aspek dan pendekatan, mencakup beragam teknik dengan berbagai nama, dalam domain bisnis, sains, dan ilmu sosial yang berbeda.

Analisis data berguna dalam menyusun temuan dari berbagai sumber pengumpulan data, seperti penelitian survei. Hal ini sangat membantu dalam memecahkan suatu permasalah makro menjadi bagian yang lebih kecil (mikro). Analisis data bertindak seperti filter ketika harus memperoleh informasi penting dari kumpulan data yang besar. Setiap peneliti telah mengumpulkan sejumlah besar data sebelum sampai pada kesimpulan dari pertanyaan penelitian. Sejumlah besar data tersebut menyediakan materi untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Di sini, analisis data berperan membantu kita menarik kesimpulan penelitian dengan bantuan penanganan statistik yang tepat. Sekedar menganalisis data tidak cukup dari sudut pandang pengambilan keputusan. Bagaimana cara menafsirkan data yang dianalisis merupakan hal yang lebih penting agar kita tidak salah dalam mengartikan suatu permaslaahan yang ada.

Ada kasus, misalnya di perusahaan data terkemuka seperti Amazon dan Google, dimana data digunakan sedemikian rupa sehingga hasil analisisnya sendiri membuat keputusan. Misalnya mengenai rekomendasi engine, PageRank, dan demand forecasting systems. Untuk mencapai hal ini, teknik canggih pembelajaran mesin dan model statistik diterapkan, sehingga menghasilkan hasil perbaikan secara mekanis dari data.

Analisis data merupakan hal yang sangat penting, karena data yang salah akan mengakibatkan hasil analisa yang salah. Analisa yang salah akan memberikan interpretasi yang salah. Interpretasi yang salah akan menghasilkan rekomendasi yang salah. Rekomendasi yang salah akan mengakibatkan perencanaan program yang salah. Perencanaan program yang salah akan menghasilkan pelaksanaan kegiatan yang salah dan pada akhirnya tidak akan memecahkan masalah bahkan bisa menimbulkan masalah baru. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa analisis data merupakan hal yang penting.

Sumber :
(https://en.wikipedia.org/wiki/Data_analysis)
(http://dissertation-help-uk.blogspot.co.id/2011/12/importance-of-data-analysis-in-research.html)
(http://www.migindia.biz/data.html)

Analisis data adalah proses yang digunakan untuk memeriksa, membersihkan, mengubah dan merombak data dengan maksud untuk mencapai kesimpulan tertentu untuk situasi tertentu. Analisis data biasanya terdiri dari dua macam: kualitatif atau kuantitatif. Jenis data menentukan metode analisis. Dalam penelitian kualitatif adalah data non-numerik seperti teks atau kata-kata individual dianalisis. Analisis kuantitatif adalah analisis yang berfokus pada pengukuran data dan dapat menggunakan statistik untuk membantu mengungkapkan hasil dan kesimpulan, hasilnya dapat berupa numerik. Dalam beberapa kasus, kedua bentuk analisis digunakan bergandengan tangan. Sebagai contoh, analisis kuantitatif dapat membantu membuktikan kesimpulan kualitatif.

Seseorang harus mengumpulkan data untuk penelitian. Data yang digunakan dapat dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data atau data orang lain yang ada, jika sesuai dengan tujuan. Mengumpulkan data dengan benar membutuhkan banyak pekerjaan. Sebelum menganalisis data, keakuratan data yang terkumpul perlu diverifikasi. Setelah pengumpulan data, data perlu dianalisis secara kritis. Untuk penelitian apapun, analisis data sangat penting karena memberikan penjelasan tentang berbagai konsep, teori, kerangka kerja dan metode yang digunakan. Ini akhirnya membantu dalam mencapai kesimpulan dan membuktikan hipotesisnya. Keuntungan yang didapat bila bisa menganalisis data, adalah :

  1. Analisis data membantu dalam menyusun temuan dari berbagai sumber data.
  2. Analisis data sangat membantu dalam memecahkan masalah makro menjadi bagian mikro.
  3. Analisis data bertindak seperti filter, ketika harus memperoleh kumpulan data yang kompleks dan banyak.

Saat membahas analisis data, penting untuk disebutkan bahwa metodologi untuk menganalisa data perlu digaris bawahi. Jika metodologi spesifik tidak dipilih, data tidak dapat dikumpulkan atau dianalisis. Metodologi ini harus ada dalam disertasi karena memungkinkan pembaca untuk memahami metode mana yang telah digunakan selama penelitian, jenis data yang dikumpulkan dan dianalisis selama proses berlangsung. Disertasi juga menyajikan analisis kritis terhadap berbagai metode dan teknik yang dipertimbangkan, namun pada akhirnya tidak digunakan untuk analisis data. Metodologi penelitian yang efektif mengarah pada pengumpulan dan analisis data yang lebih baik, sehingga dapat sampai pada kesimpulan yang valid dan logis dalam penelitian ini. Tanpa metodologi, analisis tidak dapat dibuat yang berarti metodologi adalah bagian penting dari penelitian atau disertasi.

Source :
Kalpesh. Importance of Data Analysis in Reasearch.
http://www.dissertationindia.com/blog/importance-of-data-analysis-in-research (dikutip pada 24 September 2017)