Mengapa memakan coklat dan permen dapat menyebabkan gigi berlubang?

Gigi berlubang

Coklat dan permen adalah salah satu makan yang paling digemari masyarakat karena rasanya yang manis dan enak, tapi ternyata coklat dan permen dapat membahayakan bagi kesehatan gigi jika di konsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan gigi berlubang.

Cokelat sudah dikenal sejak suku bangsa maya dan aztek di negara meksiko, pertama kali cokelat digunakan sebagai minuman, akhirnya lama kelamaan berkembang sebagai permen cokelat yang diberi pemanis karena memang rasa asli coklat adalah pahit.

Cokelat sendiri sebenarnya mengandung 31% lemak, 14% karbohidrat dan juga 9% protein . Selain itu cokelat murni juga mengandung antioksidan yang bisa menghambat proses oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh. Antioksidan dalam cokelat ini juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Cokelat, dapat menyebabkan gigi berlubang, bukan karena faktor cokelatnya, tetapi karena ada tambahan gula didalam cokelat tersebut. Makanan yang mengandung gula, baik dari karbohidrat maupun dari pemanis, dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang.