Mengapa mata kita berkedip?

Mata

Mata kita sering berkedip secara otomatis. Mengapa ini terjadi ?

Meratakan Air Mata

Mata berkedip berguna untuk meratakan air mata yang kaya akan oksigen ke seluruh permukaan mata. Ini berguna untuk menyingkirkan kotoran yang terdapat di bola mata, terutama pada lapisan terluar mata. Lapisan itu adalah kornea, letaknya ada di bagian depan. Nah, jika kita tahan mata kita untuk tidak berkedip, maka bagian kornea tadi akan kering sehingga bisa menyebabkan iritasi dan pedih.

Frekuensi Berkedip Berbeda-beda

Setiap orang memiliki frekuensi berkedip yang berbeda-beda. Ini dipengaruhi usia orang tersebut. Pada orang yang lebih tua, kinerja kelenjar air mata akan berkurang, sehingga bola mata menjadi lebih cepat kering. Ini sebabnya kita lebih sering berkedip.

Nah, sebaliknya yang terjadi pada bayi adalah mereka lebih jarang berkedip. Ini karena bayi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, sehingga kelembaban bola matanya tetap terjaga.

Lupa Mengedipkan Mata

Ada kondisi yang menarik terkait kedipan mata manusia, yaitu saat kita lupa mengedipkan mata. Ini bisa terjadi saat kita sedang berkonsentrasi terhadap suatu hal atau sedang fokus mengerjakan satu aktivitas. Contohnya saja saat kita bermain games atau sedang asik menonton dan mengamati layar gadget dalam waktu yang lama. Mata kita pun akan mudah terkena iritasi dan terasa pedih.

Sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Mengapa-Mata-Kita-Berkedip