Mengapa Manusia Sebaiknya Berperilaku Sebagai Makhluk Pencari Kebenaran?

jalan-kebenaran

Mengapa manusia sebaiknya berperilaku sebagai makhluk pencari kebenaran?

Mencari kebenaran dan menuntut ilmu untuk mengenal kebenaran dan hakikat merupakan bagian dari fitrah dan nurani manusia. Masalah ini juga telah dikemukakan dalam al-Quran:

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah), sebagai fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. Itulah agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Qs al-Rum [30]:30)

Ayat ini menyatakan bahwa agama yang lurus (al-din al-qayyim) itu adalah agama yang condong pada kebenaran dan hakikat lepas dari penyimpangan, pembelokan, khurafat dan kesesatan. Agama yang lurus ini adalah Islam yang merupakan agama suci dan murni. Keseluruhan kalimat ini memberikan makna bahwa hendaknya perhatian Anda ditujukan pada sebuah ajaran yang terlepas dari segala bentuk penyimpangan dan kesesatan. Yaitu agama hak dan mencari kebenaran telah diturunkan oleh Allah Swt dan diletakkan pada fitrah seluruh manusia.

Dalam beberapa literatur hadis terdapat beberapa riwayat yang membahas tentang pencarian kebenaran dan memotivasi manusia untuk mencari kebenaran. Dalam kesempatan ini akan dijelaskan beberapa hadis dari tuturan Imam Ali sebagai berikut:

“Barang siapa yang menjadikan pencarian kebenaran sebagai asas perbuatannya maka segala kesusahan akan menjadi mudah dan segala yang jauh akan menjadi dekat baginya.”

“Barang siapa yang mencari kebenaran maka ia akan pasti menemukannya meski kebenaran itu ditutupi.”

“Tiada sahabat dan teman yang paling mulia melebihi kebenaran.”

Artinya tuturan dan sabda ini merupakan motivasi dan dorongan supaya manusia senantiasa bersama kebenaran dan dengan melakukan perbuatan-perbuatan batil jangan sampai membuatnya jauh dari kebenaran.

“Sesungguhnya Allah Swt telah mencahayai kebenaran dan menerangi jalan-jalannya. Karena itu kecelakaan menjadi kemestiannya atau kebahagiaan menjadi tetap baginya.”

Maksud dari tuturan Imam Ali ini adalah bahwa Allah Swt telah menampakkan dan menerangi jalan kebenaran sedemikian sehingga dengan usaha kecil saja manusia dapat sampai kepadanya. Dan tidaklah demikian apabila manusia membuat kesalahan kemudian tidak dapat sampai kepadanya sehingga ia dimaafkan. Karena itu apabila manusia tidak melangkah menuju jalan kebenaran maka kecelakaan menjadi pasti baginya dan tidak akan terpisah darinya. Dan barang siapa yang melangkah menuju jalan kebenaran maka kebahagiaan selamanya menjadi suratan nasibnya.

“Jalan kebenaran sedemikian benderang bagi mereka yang mencarinya.”

Apabila seseorang mencari kebenaran maka hakikat akan menjadi terang dan akan nampak benderang baginya sedemikian tidak lagi tersisa keraguan baginya. Danbarang siapa yang tidak menemukan jalan kebenaran maka pastilah ia tidak menginginkannya dan sedang tidak mencari kebenaran.