Mengapa manajer produk perlu berpikir dan bertindak seperti CEO

Manajer adalah seorang yang memiliki tanggung jawab yang besar pada suatu perusahaan atau organisasi, manajer harus mempunyai wawasan yang luas. Manajer produk juga demikian, harus memeiliki wawasan yang luas dan mempunyai pemikiran visioner, namun dalam mengelola semua tanggung jawab yang ada seorang manajer produk haruslah memiliki pandangan seperti seorang CEO, mengapa demikian ?

1 Like

Manajer produk bisa dianalogikan sebagai lem yang mengikat banyak fungsi seperti desain produk, desain, kesuksesan pelanggan, penjualan, pemasaran, operasi, keuangan, regulasi, dan lainnya. Mereka tidak hanya memiliki keputusan tentang apa yang akan dibangun tetapi juga mempengaruhi setiap aspek bagaimana pembangunan dan peluncurannya. Pada saat ini manajer produk tidak hanya berfokus pada aspek teknis dan pelaksanaan saja, mereka sekarang sudah menggunakan basis pengetahuan yang luas untuk membuat keputusan dan mempertemukan tim lintas fungsional serta memastikan keselarasan antara beragam fungsi.

Hal-hal seperti ini mungkin bisa disebut sebagai CEO dalam taraf yang lebih kecil atau Mini-CEO. Kemudian bagaimana seorang manajer produk untuk bias menjadi seperti CEO ?

1. Create a compelling vision for your teams and company.
Tanggung jawab nomor satu dari setiap CEO adalah menyelaraskan semua komponen perusahaan dengan visi perusahaan, dan membantu setiap karyawan untuk “see the future” sehingga mereka dapat mewujudkan impian-impian perusahaan menjadi kenyataan.

Manajer produk harus senantiasa mengkomunikasikan visi strategis dengan anggota tim atau personalia nya seperti bagian desain dan technical.

2. Make the hard investment decisions.
Setelah visi dapat dilaraskan dengan kompone-komponen perusahaan, seorang manajer produk harus bias memprioritaskan dan memfokuskan sumber daya, waktu, dan modal yang terbatas.

3. Navigate between the 30-day and three-year levels
Anda perlu memastikan perusahaan menjalankan target bulanan dan kuartalannya, dan memiliki proses dan analisis untuk mengidentifikasi masalah dengan benar.