Mengapa manajer pemasaran memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan ?

Manajer pemasaran merupakan seseorang yang melakukan pengelolaan bagaimana pemasaran di perushaan tersebut dapat berjalan optimal. Dalam hal ini seorang manajer pemasaran harus bisa membuat stratego pemasaran yang baik bagi perusahaanya. Lantas, mengapa manajer pemasaran memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan ?

1 Like

Manajer pemasaran adalah seseorang di dalam organisasi maupun perusahaan yang berfokus pada penerapan dan manajemen dari sebuah pemasaran di dalam perusahaan. dengan peran tersebut, seorang manajer pemasaran harus bisa berinteraksi dengan berbagai stakeholder sehingga kebutuhan dari para stakeholder tersebut dapat terpenuhi. selain itu ada beberapa peran yang dimiliki oleh manajer pemasaran :

  • Pengembangan merek
    Manajer pemasaran harus bisa mengelolan merek/brand dari produk di dalam perusahaanya. Dalam hal ini seorang manajer pemasaran harus bisa meningkatkan nilai jual dari perusahaanya seperti logo, iklan, dll. Manajer pemasaran harus menyelaraskan tujuan perusahaan dengan strategi pengembangan merek perusahaan tersebut.

  • Melakukan Riset Pasar
    Manajer marketing harus melakukan riset pasar bagaimana kebutuhan konsumen dapat terpenuhi di dalam stategi perusahaan. selain itu manajer marketing harus bisa melakukan riset penantang-penantang pasar lainya sehingga bisa membuat porduk maupun strategi yang lebih baik dibandingkan kompetitor lainya

  • Mengembangkan strategi pemasaran
    Manajer pemasaran bertanggung jawab dalam mengembangkan strategi pemasaran di dalam perusahaan. Strategi ini meliputi bagaimana perusahaan bisa mempromosikan produk dan layanan mereka dengan harapan meningkatkan penjualan perusahaan tersebut.

Sumber :