Mengapa malam satu suro terkenal mistis di kalangan masyarakat jawa?

download

Malam satu Suro memang terkenal sakral dan penuh aura mistis bagi sebagian orang terutama masyarakat jawa. Namun ada apa dengan malam satu suro?

Salah satu kisah mengapa malam satu suro ini terkenal sebagai malam ‘ghaib’ adalah karena sebagian masyarakat pada dahulu mempercayai bahwa malam 1 suro merupakan lebaran bagi makhluk gaib sehingga banyak di antara mereka yang keluar dari tempat peristirahatan mereka masing-masing.

Anehnya mitos ini kerap dikaitkan dengan adanya penampakan serta gangguan makhluk halus di malam tersebut. Bahkan ada beberapa masyarakat yang menganggap bahwa di bulan suro tersebut akan terdapat banyak sekali kesialan dan bencana yang akan menimpa umat manusia. Tak heran jika orang-orang jawa pada zaman dahulu sering menghindari berbagai pesta upacara pada bulan ini termasuk pesta perkawinan. Di lain sisi masyarakat kejawen meyakini bahwa musibah dan bencana dapat ditolak dengan cara melakukan ritual tertentu. Karena itulah kemudian dikenal beberapa tradisi malam satu suro seperti ritual untuk buang sial.