Mengapa makanan sering menempel di sela-sela gigi?

Gigi yang tersusun sedemikian rupa berfungsi untuk melumatkan makanan secara bebas agar mudah ditelan. Namun, sehabis makan, ada kalanya sisa makanan menyelip di sela-sela gigi Anda. bagaimana hal ini bisa terjadi?

Termyata ada beberapa hal yang menyebabkan sisa makanan menyelip di gigi Anda, atau yang sering disebut selilitan.

Terdapat Masalah Pada Gigi
Makanan yang mudah terselip di sela-sela gigi menandakan adanya masalah pada gigi Anda. Masalah tersebut bisa berupa lubang pada daerah kontak antara kedua gigi. Mungkin lubang tersebut memang masih kecil, sehingga belum menimbulkan rasa nyeri. Namun jika sisa makanan sering masuk ke sela-sela gigi tersebut, lama-lama lubang tersebut bisa semakin parah. Sebaiknya Anda segera memeriksakan gigi Anda untuk mencegah lubang semakin besar.

Pergeseran Gigi
Faktor lain yang bisa menyebabkan sisa makanan mudah terselip di gigi Anda adalah pergeseran gigi-gigi pasca pencabutan. Ketika gigi Anda dicabt, gigi-gigi yang awalnya tersusun rapat akan mulai bergeser sehingga membuat gigi menjadi renggang. Susunan gigi yang renggang inilah yang seringkali menjadi lokasi terselipnya sisa makanan. Sisa makanan ii dapat menimbulkan radang gusi jika dibiarkan.

Susunan Gigi Kurang Rapi
Jika Anda memiliki susunan gigi yang kurang rapi, maka makanan akan lebih mudah terselip di gigi. Susunan gigi yang kurang rapi membuat makanan tidak terlumat dengan baik, selain itu seringkali beberapa sudut pada gigi yang kurang rapi tidak bisa dijangkau dengan baik oleh sikat gigi.