Mengapa lowongan kerja untuk product manager masih jarang ditemukan?

Manajemen produk pada era sekarang ini adalah hal yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar maupun start up. Akan tetapi mengapa lowongan pekerjaan untuk produk manajer masih jarang ditemukan terutama di Indonesia?

Sebenarnya saat ini sudah cukup banyak lowongan kerja untuk menjadi product manager terutama untuk perusahaan besar seperti Apple, Google, dan lainnya. Akan tetapi untuk perusahaan di beberapa negara seperti Indonesia masih sedikit yang membuka lowongan untuk posisi ini. Menurut saya, teradapat beberapa alasan yang mempengaruhinya yaitu

  • Product manager adalah pekerjaan yang rumit
    Menjadi seorang product manager bukanlah perkara mudah. Tidak hanya cukup dengan mempunyai latar belakang core competencies kemudian seseorang dapat menjadi product manager bagi suatu produk. Menjadi product manager berarti memiliki sekumpulan skill dan pengalaman. Kemampuan seperti memahami pelanggan, mengerti mengenai finansial, marketing, hingga penjualan produk. Menjadi seseorang yang visioner juga sangat dibutuhkan bagi seorang product manager.

    “If I had asked people what they wanted, they would have said faster horses.”Henry Ford

    Menurut Himanshu Palsule, hard skill dan soft skill yang wajib dimiliki oleh seorang product manager adalah dalamnya pemahaman seseorang tentang konten dan konsep dari sebuah produk, selain itu soft skill yang harus dikuasai oleh orang tersebut adalah curiosity, context dan collaboration.

    “Outside of the CEO, it’s the hardest function in the company”Himanshu Palsule

  • Budaya perusahaan
    Beberapa perusahaan yang masih menganut sistem hirarki sering kali melakukan promosi atau pun kenaikan jabatan berdasarkan skill yang dimiliki oleh orang tersebut, melainkan seberapa lama ia bekerja atau seberapa mahir orang tersebut pada core competencies nya. Memang dalam menjadi product manager, memiliki pemahaman yang kuat pada salah satu bidang produk akan memberikan nilai tambah. Akan tetapi, orang tersebut juga harus mampu meng-cover semua skill yang dibutuhkan oleh seorang product manager.

  • Kurangnya kesadaran akan pentingnya product manager
    Pada poin ini sebenarnya berkaitan dengan tingkat maturity dari sebuah perusahaan. Perusahaan yang masih di level Ad Hoc atau berkerja berdasarkan proyek mungkin tidak mampu untuk melihat pentingnya dari keberadaan product manager.

Sumber :