Mengapa kumbang membawa kotoran?

Kumbang

Kumbang Tahi Kerbau (Lat.: Aphodius Marginellus) adalah jenis kumbang yang hidup pada tahi atau kotoran kerbau. Tersebar didaerah tropil dan subtropik. Kumbang tahi kerbau termasuk genus kumbang dalam keluarga Scarabaeidae.

• Tempat Menyimpan Telur
Kumbang kotoran suka menyimpan telur mereka di dalam kotoran yang sudah dibentuk bulat.Setelah itu, kotoran berisi telur tersebut akan dikuburkan di dalam tanah. Saat menetas, bayi kumbang kotoran akan memakan kotoran yang membungkusnya.

• Memakannya
Selain dijadikan tepat menyimpan telur, beberapa kumbang kotoran dewasa juga suka makan kotoran. Selain kotoran, kumbang dewasa juga suka makan bangkai, buah yang membusuk, dan jamur.

• Hewan Apa yang Mereka Buru?
Kumbang kotoran biasanya berburu semut, kaki seribu, dan siput. Mereka biasanya memakan cairan yang ada di dalam hewan buruan mereka. Mereka hanya mengambil cairan bergizi dari mangsanya.

• Apakah Kebiasaan Kumbang Kotoran Bermanfaat?
Kumbang kotoran suka mengangkut kotoran hewan lain, seperti sapi dan gajah. Ternyata, kebiasaan mengangkut kotoran ini bisa mengurangi limbah kotoran cukup banyak. Kalau tidak ada kumbang kotoran, daerah yang dihuni sapi dan gajah pasti sudah penuh dengan kotoran.

• Bermanfaat Bagi Tanah
Saat menguburkan kotoran yang berisi telur, tanah di sekitarnya akan menjadi subur. Saat menetas, kotoran yang tersisa akan disebarkan lebih luas di dalam tanah oleh cacing. Jadi, secara tidak langsung, kebiasaan kumbang kotoran ini bisa membantu menyuburkan tanah.