Mengapa Kulit di sekitar Tengkuk Warnanya Lebih Gelap dibandingkan Kulit lainnya?

hitam di tengkuk

Memiliki warna kulit yang tidak rata membuat masalah tersendiri bagi perempuan karena hal ini memengaruhi penampilan. Begitu halnya dengan kulit sekitar tengkuk warnanya gelap, apakah penyebabnya.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Fitria Amalia Umar mengatakan salah satu penyebab warna kulit tidak merata adalah persoalan hormon. Ada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang membuat timbulnya warna kulit yang tidak merata. Selain hormon, warna kulit yang tidak merata juga didukung oleh paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet membuat kulit jadi lebih gelap, apalagi jika intensitasnya sering dan lama. Sehingga menyebabkan pigmentasi dan membuat kulit menjadi lebih kusam, berminyak, dan kering.

Tak hanya itu, dr. Fitria juga mengatakan pemakaian kosmetik yang tidak tepat sering membuat warna kulit tidak merata. Perubahan itu terjadi sebagai bentuk sensitifitas kulit pada zat-zat yang terkandung dalam kosmetik.

Sumber

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151008121022-277-83680/penyebab-warna-kulit-tak-merata-dan-cara-mengatasinya

Nah, cara mengatasinya adalah memakai perasan lemon dan olive oil. Sudah bukan rahasia lagi, lemon memiliki kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit. Sedangkan olive oil membantu melembapkan dan menjaga kekencangan tekstur kulit karena kaya antioksidan. Sifat minyak ini juga tidak menyumbat pori-pori, jadi menyerap sempurna ke lapisan kulit dan memberi efek lembut di permukaan. Cara memakainya, campurkan satu sendok makan olive oil dan satu sendok air perasan lemon. Setelah itu balurkan pada bagian leher sampai merata saat malam hari. Lakukan rutin karena efek perawatan ini terlihat setelah satu bulan.