Mengapa konsep pemasaran lebih populer dibanding konsep penjualan?

Dalam prakteknya, konsep pemasaran lebih populer diaplikasikan daripada konsep penjualan. Mengapa hal ini terjadi?

Konsep pemasaran dirumuskan dalam berbagai idiom, antara lain “Temukan keinginannya dan penuhilah”. “Buatlah apa yang dapat anda jual ketimbang mencoba menjual apa yang dapat anda buat”, dan sebagainya. Konsep penjualan dan konsep pemasaran seringkali dicampuradukkan. Kedua konsep ini dapat dibandingkan pada tabel dibawah ini :

Tabel Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran
Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Konsep penjualan dimulai dari produk yang ada. Kemudian dilakukan penjualan dan promosi besar-besaran untuk mencapai penjualan yang menguntungkan. Konsep pemasaran dimulai dari konsumen sasaran dan kebutuhan serta keinginan mereka. Perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinir semua kegiatan yang dapat memberikan kepuasan konsumen.Perusahaan mencapai keuntungan dengan menciptakan dan mempertahankan kepuasan konsumen.

Sedangkan konsep pemasaran berorientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen yang didukung oleh usaha pemasaran terpadu, yang diarahkan pada terciptanya kepuasan konsumen sebagai kunci tercapainya tujuan perusahaan.

Dari perbedaan dan alasan diatas, maka dapat dsimpulkan bahwa konsep pemasaran jauh lebih utama, sehingga menjadi lebih populer, dibandingkan dengan konsep penjualan.