Mengapa kita tidak boleh menyimpan kentang di kulkas?

Mengapa kita tidak boleh menyimpan kentang di kulkas?

Mengapa kita tidak boleh menyimpan kentang di kulkas?

Menyimpan bahan makanan dan sayuran dalam lemari es memang langkah yang tepat sekaligus praktis untuk memperpanjang umur simpan. Hanya saja, hal ini tak berlaku untuk kentang.

Kentang mentah tak boleh disimpan dalam lemari es. Untuk satu alasan, menyimpan kentang di suhu dingin lemari es akan berpengaruh negatif terhadap rasanya. Suhu dingin akan mengubah pati dalam kentang menjadi gula lebih cepat. Hal ini akan membuat rasa kentang jadi manis dan keras.

Ketika pati sudah berubah jadi gula, ini akan menyebabkan reaksi kimia berbahaya ketika kentang dimasak. Food Standard Agency menjelaskan bahwa ketika kentang yang disimpan di lemari es ini dipanggang atau digoreng, gula tersebut akan bergabung dengan asam amino asparagin. Reaksi tersebut akan menghasilkan senyawa kimia acrylamide.

Acrylamide adalah karsinogen genotoksik yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Hanya saja, FSA mengatakan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efek jangka panjang dari konsumsi acrylamide yang banyak.

Dibanding menyimpan kentang di lemari es, simpanlah kentang dalam kantung kertas di tempat yang sejuk dan gelap.