Mengapa kita mengantuk di malam hari?

Menagntuk

Rasa kantuk di malam hari merupakan tanda alami dari tubuh kita. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi ?

Dalam kurun waktu 24 jam, pada umumnya manusia memerlukan waktu istirahat (tidur) selama 7 hingga 8 jam. Jika kurang dari itu, tubuh akan terasa lemas dan sulit berkonsentrasi. Sel otak yang telah bekerja seharian akan mengalami kekurangan oksigen dan menjadi lelah. Oksigen sangat diperlukan oleh sel otak untuk tetap mendapatkan cukup energi untuk beraktifitas. Nah, apabila otak mulai kekurangan oksigen, produktivitasnya akan terganggu dan perlu istirahat (tidur) untuk memulihkan diri.

Untuk waktu istirahat sendiri, sebenarnya sih tidak harus malam hari. Tubuh kita memiliki mekanisme tersendiri yang kita sebut sebagai jam biologis. Yaitu pencatatan otomatis kapan kita perlu tidur, kapan tubuh melakukan pembuangan zat beracun dan sebagainya. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan dan pola hidup seseorang. Untuk orang-orang yang sudah terbiasa bekerja pada malam hari, tentu saja jam biologisnya tidak sama dengan kita yang terbiasa bekerja pada siang hari. Namun tetap ada beberapa kelebihan beristirahat pada malam hari.

Akan tetapi kecenderungan merasa kantuk pada malam hari disebabkan ada kelenjar pineal yang terdapat di dalam otak kita. Kelenjar merupakan bagian tubuh kita yang mengeluarkan zat-zat khusus seperti hormon yang memiliki fungsi tertentu bagi tubuh manusia. Kelenjar pineal nantinya akan menghasilkan hormon melatonin yang dapat menyebabkan mengantuk.

Produksi hormon melatonin dalam tubuh ditentukan oleh cahaya. Di dalam kelenjar pineal terdapat beberapa serabut saraf yang berhubungan langsung dengan saraf penglihatan sehingga sangat sensitif terhadap cahaya. Semakin banyaknya cahaya yang ada, produksi hormon melatonin akan menurun. Dan sebaliknya, ketika cahaya semakin sedikit, produksi hormon melatonin semakin banyak. Ini sebabnya di malam hari kita kan lebih mengantuk dibandingkan siang hari.

Sumber : http://sains.me/tanyasains-mengapa-kita-mengantuk-pada-malam-hari/