© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa Kita harus beristirahat pada Malam Hari?

tidur

Banyak aktivitas yang dilakukan tubuh kita hanya di malam hari, di mana aktivitas ini menuntut kondisi tubuh yang benar-benar beristirahat.

  1. Aktivitas hormone
    Pada malam hari tubuh akan memproduksi hormon yang bernama melatonin. Hormon ini hanya diproduksi di malam hari dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Melatonin bertugas membangun sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit sekaligus menghambat pertumbuhan sel yang merugikan, termasuk sel tumor dan kanker.

  2. Hilangnya panas tubuh
    Tubuh juga akan mengurangi produksi adrenalin pada malam hari, yang berakibat suhu juga menurun. Itulah mengapa sangat disarankan kita istirahat (tidur) pada malam hari. Hal tersebut juga menjelaskan seringnya kita berkeringat pada malam hari, yaitu sebagai upaya tubuh untuk menyeimbangkan panas tubuh.

  3. Pencernaan dan kegemukan
    Begadang bisa mempengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin. Leptin adalah hormon yang membuat kita merasa kenyang dan ghrelin sebaliknya, membuat kita merasa lapar. Nah pada malam hari tubuh akan memproduksi lebih banyak ghrelin dan mengurangi leptin. Sehingga kebanyakan orang yang masih terjaga pada malam hari lebih mudah merasa lapar, sehingga seringkali menyebabkan kegemukan. Selain itu pada malam hari enzim dan asam lambung yang bertugas merubah makanan menjadi energi sedang dalam kondisi tidak aktif. Sehingga kalori ditumpuk didalam tubuh dan tidak berubah menjadi energi.

  4. Pembuangan racun
    Malam hari dipercaya sebagai saat yang baik bagi tubuh untuk proses detoksifikasi atau pembuangan racun. Tahap pembuangan racun ini juga bertahap sepanjang malam. Dimulai dari pembuangan racun kelenjar getah bening, hati, empedu, paru-paru dan yang terakhir usus besar, yang menyebabkan kita harus buang air besar di pagi hari.

Itulah kira-kira beberapa alasan yang mengharuskan kita beristirahat di malam hari sehingga bisa beraktifitas dengan maksimal di siang harinya.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan untuk memperbaiki proses biologis secara rutin. Selama tidur gelombang rendah yang dalam (NREM tahap IV), tubuh melepaskan hormon pertumbuhan manusia untuk memperbaiki dan memperbaharui sel epitel dan khusus seperti sel otak (Horne, 1983; mandleson, 1987; Born, Muth & Fehm, 1988; dalam Potter & Perry, 2006).

Manusia maupun hewan lain beristirahat dengan tidur. Namun dibalik itu terdapat manfaat tidur yang tidak kita sadari dan merupakan kejadian alami fisiologis tubuh dan merupakan alasan mengapa kita tidur, diantaranya :

  1. Tidur bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mental, emosional dan kesehatan. Dapat menurunkan dan mengurangi stres pada paru- paru, sistem kardiovaskuler (sistem organ), dan endoktrin.

  2. Tidur dapat meningkatkan kemampuan memori dan menjadikannya lebih kuat, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau pembentukan sel-sel yang baru, limbah dan uap kotor dalam tubuh akan terbuang, tidur sebagai penyegaran otak paling alami. Tidur juga dapat menghadirkan ide-ide baru.

  3. Tidur sebagai salah satu cara untuk melepaskan kelelahan jasmani dan kelelahan mental. Dengan tidur semua keluhanakan hilang atau berkurang dan akan kembali mendapatkan tenaga serta semangat untuk menyelesaikan persoalan yang akan dihadapi kemudian.

Imam Ibnu Qayyim ra mengatakan tidur mempunyai dua manfaat yang besar. Yaitu untuk mengistirahatkan anggota badan dari kelelahan dan untuk membantu proses pencernaan makanan. Karena suhu panas yang muncul ketika tidur akan meresap ke perut dan membantu proses pencernaan terhadap makanan. Dan tidur juga bermanfaat sebagai sarana untuk mengembalikan semangat baru dalam beramal dan beribadah setelah merasa capek.Manfaat tidur sangat besar dalam membantu pemenuhan kesehatan. Tidur merupakan sarana terbaik yang mudah untuk dilakukan, serta memberikan kenyamanan di dalamnya. Itulah alasan mengapa kita harus beristirahat dimalam hari.

1 Like